Pasar Negara Berkembang Bergerak Cepat "Pasar Bullish"

UJARAN.INTERNASIONAL – Saham-saham pasar negara berkembang yang bergerak cepat memasuki apa yang disebut wilayah “pasar bullish” pada hari Senin, karena lonjakan lain yang didorong oleh China di bursa terbesar Asia mendorong indeks EM utama MSCI 20% di atas palung utama terakhirnya kembali pada bulan Oktober.

Indeks MSCI Emerging Markets (.MSCIEF), yang melonjak 2,4% dalam kenaikan sesi kelima berturut-turut pada hari Senin, mencakup 24 negara dan hampir 1.400 perusahaan.

Sejak mencapai level terendah hampir 2,5 tahun di bulan Oktober, kombinasi dari pelonggaran biaya pinjaman global, pelemahan dolar, dan China yang mencabut pembatasan COVID-19 telah membuat indeks pulih lebih dari setengah penurunannya dalam 10 tahun sebelumnya.

Saham China, yang menyumbang sepertiga dari indeks MSCIEF dan lebih banyak lagi ketika perusahaan yang berfokus pada China yang terdaftar di tempat lain dimasukkan, telah melonjak hampir 45% sejak posisi terendah.

Saham Taiwan dan saham Korea Selatan yang masing-masing memiliki bobot MSCIEF 13,8% dan 11,3% juga melonjak sekitar 18% dan 20%. (Red/Reuters)

Penulis: Muh. Ikhsan Maulana

0 Comments