Jelang PPDB 2023, Disdik Makassar Diduga Belum Siap

Ilustrasi anak sekolah, sumber foto detik

UJARAN, MAKASSAR - Penerimaan peserta didik baru Tahun 2023 Dinas Pendidikan Kota Makassar menimbulkan banyak pertanyaan. Diduga karena masih kurangnya persiapan yang dilakukan pihak terkait. Hal tersebut disampaikan salah satu    penggiat media sosial. 

Menurut Nurhidayatullah, hal tersebut tidak sesuai dengan petunjuk yang tertuang dalam perwali 62 Tahun 2022 dan Perwali Nomor 58 Tahun 2022 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Pendidikan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Tahun Ajaran 2022/2023.

“Soal website misalnya dijelaskan bahwa sosialisasi dilaksanakan secara daring, tapi platform sosialisasi itu tidak ada. Yanga da hanya form pendaftaran saja. Jadi orang tua siswa atau calon siswa yang ingin mendapatkan informasi lebih terhadap langkah dan proses pendaftaran tidak mendapat informasi yang detail dan akurat. Yang ada adalah membingungkan,” Ujar Dayat sapaab akrabnya. Kamis (22/06/2023).

Menurutnya, Institusi sebesar Dinas Pendidikan di Kota Makassar memang patut dipertanyakan kesiapannya. 

“Kita googling itu tidak ditemukan websitenya, jadi kita mau dapat info dari mana kalau tidak ada sentral informasi ?, artinya disdik belum siap kalau begini melakukan perekrutan. Yang namanya belum siap bisa jadi banyak kendala dalam hal penyebarluasan informasi ke publik.” Jelasnya.

Lanjutnya, “ini sangat miris sebenarnya apalagi ada anggaran yang dialokasikan untuk pengelola PPID dan Pelaksana PPDB 2023. Kalau tidak ada sih tidak masalah, tapi dilarikan kemana anggarannya dong kalau seperti ini?, Mesti di matangkanlah baru share info kesana kemari.,” Tanyanya.

Hingga berita ini diterbitkan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar yang dimintai keterangan belum memberikan respon terkait hal tersebut. (*)

0 Comments