Daftar Ulang PPG Kemenag Dalam Jabatan Angkatan 1 Dibuka Besok, Jangan Sampai Salah! Ini Caranya


Kementerian Agama membuka daftar ulang untuk PPG Dalam Jabatan (Daljab)Angkatan 1 mulai besok, 1 hingga 7 Februari 2025.

UJARAN.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Agama membuka daftar ulang untuk PPG Dalam Jabatan (Daljab)Angkatan 1 mulai besok, 1 hingga 7 Februari 2025. Program ini akan dimulai pada 1 Maret 2025 dengan pendekatan baru, PPG Daljab Transformasi +, yang menekankan pembelajaran mandiri melalui LMS plus pendampingan. Program ini ditujukan untuk sekitar 60 ribu guru madrasah dan guru pendidikan agama dengan target 269 ribu guru tahun ini.


“Proses daftar ulang dan pemenuhan persyaratan PPG Daljab Angkatan pertama akan kami buka mulai besok, 1 sampai 7 Februari 2025,” terang Ketua Panitia Nasional PPG Daljab Kementerian AgamaThobib Al-Asyhar, di Jakarta, Jumat (31/1/2025).


Thobib menjelaskan bahwa para guru yang dapat melakukan daftar ulang adalah mereka yang sudah mendapatkan pemberitahuan melalui akun EMIS (Education Management Information System) atau SIAGA(Sistem Informasi Akademik Guru Agama).


“Kami memberitahukan melalui notifikasi akun EMIS maupun SIAGA kepada sekitar 60 ribu guru untuk Angkatan pertama ini,” kata Thobib. “Jadi, langkah pertama, para guru madrasah dan guru pendidikan agama login akunnya masing-masing, lalu cek ada pemanggilan untuk PPG Daljab atau tidak. Bila ada, silakan mengikuti instruksi selanjutnya yang ada di akun masing-masing,” imbuhnya.


Dalam penyelenggaraan PPG Daljab, para guru tidak akan dipungut biaya alias gratis. “Tidak ada biaya apa pun yang harus dikeluarkan guru. Jadi kalau ada yang meminta atau memungut bayaran, silakan laporkan,” pesan Thobib.


Berikut tahapan PPG Daljab Kemenag yang perlu diketahui:


1. Daftar Ulang:

Proses pertama yang harus diikuti oleh guru calon peserta PPG Daljab adalah melakukan daftar ulang di akun EMIS atau SIAGA. Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan dan diunggah dalam proses daftar ulang ini adalah:

a. Ijazah yang digunakan untuk linieritas mata pelajaran dan terlegalisir.

b. Pakta integritas sesuai template.

c. Surat Izin dari Pimpinan.

d. Surat Keterangan Sehat Jasmani.


Langkah-langkah pendaftaran PPG Daljab Kemenag adalah:

1. Login sistem menggunakan akun masing-masing.

2. Pilih menu PPG Dalam Jabatan.

3. Lengkapi data diri dan dokumen yang diminta.

4. Pilih bidang studi PPG yang linear dengan ijazah S1/DIV.

5. Pastikan data sudah benar, lalu klik “Kirim Pendaftaran”.


Daftar ulang akan dilaksanakan mulai tanggal 01 - 07 Februari 2025.


2. Seleksi Administrasi:

Setelah melakukan pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah seleksi administrasi yang dilakukan Kemenag. Hasil seleksi administrasi dapat dipantau pada akun EMIS atau SIAGA masing-masing peserta. Seleksi administrasi ini akan berlangsung pada 01 - 10 Februari 2025.


Para guru yang lulus seleksi administrasi wajib melengkapi persyaratan yang ditentukan oleh panitia. “Para guru yang sudah mengetahui mendapatkan panggilan untuk mengikuti PPG Daljab, ya harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan,” kata Thobib, yang juga menjabat sebagai Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah.


3. Lapor Diri ke LPTK:

Para guru yang lolos seleksi administrasi wajib melakukan Lapor Diri ke LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) yang ditentukan Kemenag pada 17 - 28 Februari 2025. Berkas yang harus disertakan antara lain IjazahKTP, foto terbaru, serta dokumen lainnya.


4. Orientasi Akademik:

Guru yang dinyatakan lolos menjadi peserta PPG Daljab akan memperoleh orientasi akademik yang dilaksanakan secara daring. “Melalui upaya ini, diharapkan peserta PPG Daljab memahami dengan baik interaksi pembelajaran yang kami bangun melalui LMS,” ujar Thobib. Orientasi akademik akan dilaksanakan pada 01 - 02 Maret 2025.


5. Mengikuti Pembelajaran:

Setelah orientasi akademik, peserta PPG Daljab akan mengikuti pembelajaran melalui platform LMS yang disupervisi oleh LPTK. Pembelajaran ini akan digelar mulai 03 Maret hingga 05 April 2025.


“Proses PPG Daljab kali ini dilakukan semuanya secara daring, yang penting ada laptop dan jaringan internet,” ujar Thobib.


6. Induksi dan Try Out:

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta PPG Daljab akan mengikuti induksi dan try out pada 06 - 09 April 2025. “Try out ini tujuannya untuk melakukan pemetaan dasar terhadap kemampuan guru,” terang Thobib.


7. Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG):

Para peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran harus melaksanakan Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) pada 14 - 22 April 2025. “Yang paling menentukan (kelulusan) adalah peserta harus lulus uji kinerja dan uji pengetahuan,” jelas Thobib.


Peserta yang lulus uji kompetensi akan diproses untuk mendapatkan sertifikat guru profesional.

0 Comments