Erick Thohir Dorong Kolaborasi Media dengan BUMN untuk Kampanye Efektif

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong peningkatan kompetensi komunikasi karyawan BUMN dalam berkomunikasi dengan media massa dan terlbih dalam memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk strategi kampanye efektif. Langkah ini diwujudkan melalui workshop bertema "Navigating the Future of Social Media with AI Technology", yang digelar pada 3-4 Januari 2025 di Kota Padang.
UJARAN.CO.ID, PADANG – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong peningkatan kompetensi komunikasi karyawan BUMN dalam berkomunikasi dengan media massa dan terlbih dalam memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk strategi kampanye efektif. Langkah ini diwujudkan melalui workshop bertema "Navigating the Future of Social Media with AI Technology", yang digelar pada 3-4 Januari 2025 di Kota Padang.

Acara ini melibatkan lebih dari 100 peserta dari seluruh BUMN dan bertujuan memperkuat kerjasama media dalam menyampaikan program pemerintah. “Teknologi AI memungkinkan kita bekerja lebih cepat dan efisien. Dengan kolaborasi yang baik, BUMN dapat mengoptimalkan program pemerintah seperti Asta Cita Presiden,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Jumat (10/1/2025).

Arya menekankan pentingnya narasi yang kuat dalam komunikasi. “Komunikator BUMN harus paham mana program yang membutuhkan promosi dan inovasi. Dengan narasi yang tepat, tujuan akhirnya adalah mendukung peningkatan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Workshop yang berlangsung di The ZHM Premiere Padang ini merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN dan sejumlah perusahaan, termasuk PLN, Pertamina, KAI, BTN, Danareksa, SIG, dan Pupuk Indonesia. Para peserta diajak memahami tren media sosial terkini yang didukung teknologi AI untuk meningkatkan engagement publik.

Workshop yang berlangsung di The ZHM Premiere Padang ini merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN dan sejumlah perusahaan, termasuk PLN, Pertamina, KAI, BTN, Danareksa, SIG, dan Pupuk Indonesia. Para peserta diajak memahami tren media sosial terkini yang didukung teknologi AI untuk meningkatkan engagement publik.

Pada sesi berbagi ilmu, Danang Prakoso dari Mediatics Digital Indonesia memaparkan dampak AI dalam interaksi content creator dan brand. “AI mengubah cara kita menyusun ide hingga menghasilkan konten yang relevan untuk audiens,” ujarnya.

Sementara itu, Siti Nur Aisyah dan Vira Enjella dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) mempresentasikan konsep "BRI Creator Hub", sebuah inisiatif untuk meningkatkan engagement melalui manajemen Sumber Daya Manusia yang inovatif.

Workshop ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempraktikkan langsung materi yang disampaikan melalui tantangan kelompok dan individu. Selain itu, mereka mengunjungi aset PLN Indonesia Power UBP Teluk Sirih untuk mempelajari inovasi seperti co-firing transisi energi hijau dan pemanfaatan FABA (Fly Ash Bottom Ash) untuk ekonomi kerakyatan.

“Kami ingin seluruh BUMN mampu menciptakan kampanye yang efektif melalui kerjasama media, sehingga program pemerintah dapat tersampaikan secara luas,” tambah Arya.

Acara ini juga dihadiri oleh tokoh penting, seperti Ajrun Karim (General Manager PLN UID Sumatera Barat), Eko Tjahjono (Manager Angkutan Barang KAI Divre II Sumatera Barat), dan Iskandar Z Lubis (Corporate Secretary Semen Padang). Kehadiran mereka menunjukkan pentingnya sinergi antarlembaga dalam memperkuat komunikasi publik.

Workshop ditutup dengan pemberian penghargaan untuk karya terbaik. Muhammad Ikbal dari Pelindo meraih juara kategori individual content, sedangkan Kelompok 4 berhasil menjadi juara kategori group content. “Kami berharap kolaborasi ini terus berlanjut untuk meningkatkan peran BUMN dalam komunikasi strategis,” pungkas Arya.

0 Comments