Annisa Il Husna, mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Makassar, |
UJARAN, MAKASSAR - Annisa Il Husna, mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Makassar, melakukan penelitian menarik terkait penguatan literasi digital di kalangan siswa SMP Negeri 7 Makassar.
Penelitiannya berjudul "Penguatan Literasi Digital Melalui Media Sosial TikTok Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 7 Makassar" dan berhasil menunjukkan potensi TikTok sebagai sarana pembelajaran yang efektif.
Hasil penelitian Annisa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang baik tentang literasi digital. Mereka mampu memanfaatkan aplikasi TikTok untuk mendukung proses belajar, dengan fitur interaktif dan format video pendek yang membuat materi pelajaran lebih menarik dan relevan bagi mereka.
Menurut Annisa, penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran mampu menarik perhatian siswa dan menjadikan proses belajar mengajar lebih dinamis.
"Lewat penelitian ini, saya semakin tertarik mendalami bagaimana siswa dapat memanfaatkan teknologi dan mengurangi bias terhadap informasi yang diterima,” ujarnya. Senin (30/09/24).
Penelitian ini sedang dalam proses penerbitan di salah satu platform penerbitan jurnal. Annisa berharap temuannya bisa menjadi referensi bagi para pendidik dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran.
Sebelumnya, Annisa Il Husna dikenal sebagai salah satu selebgram dan tiktoker asal Makassar. Namun, kini ia lebih fokus meniti karier sebagai calon guru profesional.
“Penelitian ini sebagai salah satu prasyarat sebelum ujian PPG. Mohon doanya,” kata Annisa.
Keaktifan Annisa dalam dunia media sosial tak hanya menjadi ajang eksistensi, tetapi juga menjadi sarana edukasi. Hal ini membuktikan bahwa media sosial bisa menjadi platform positif jika dimanfaatkan dengan baik.
Penelitiannya menjadi bukti bahwa perkembangan teknologi dan platform media sosial seperti TikTok dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, menjadikannya lebih menarik dan sesuai dengan zaman. (jj)
0 Comments