Enam Mahasiswa IAIM Sinjai Lulus Beasiswa Hadji Kalla 2022

Ket. Foto Auditorium H. M. Amir Said IAIM Sinjai

UJARAN.SINJAI – Kabar baik bagi enam mahasiswa Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai yang masuk di Tahun Akademik 2022/2023. Pasalnya, dikabarkan ke-enam tersebut dinyatakan sebagai penerima Beasiswa Yayasan Hadji Kalla Tahun 2022, Kamis (03/11/2022).

Enam mahasiswa IAIM Sinjai itu adalah Adriani (Akademik), Aenil Maksurah (Hafidz), Hijerianti (Akademik), Nur Anisah (Akademik), Nurazizah (Hafidz) dan Syifa Fauzia (Hafidz).

Wakil Rektor III Bagian Kehamahasiswaan, Alumni dan AIK IAIM Sinjai, Dr. Muh. Anis, M.Hum. saat dikonfirmasi menyampaikan rasa syukur atas lulusnya enam mahasiswa IAIM Sinjai di Program Beasiswa Hadji Kalla.

“Alhamdulillah, dengan lulusnya 6 orang mahasiswa kami mendapatkan beasiswa dari CV. H. Kalla, maka mewakili segenap civitas IAIM Sinjai mengucapkan terimakasih. Kami berharap kepada mahasiswa yang lulus, agar memanfaatkan beasiswa ini sebaik-baiknya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Muh Anis berharap agar 3 orang mahasiswa hafidz agar lebih intensif lagi menambah hafalan Qur’an dan 3 orang mahasiswa yang lolos karena nilai akademik agar mempertahankan prestasi akademik tersebut bahkan meningkatkannya lagi.

Sekedar diketahui, “Program Beasiswa Kalla” yang merupakan program bantuan untuk mahasiswa dhuafa asal Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah yang memberikan bantuan dana UKT (Uang Kuliah Tunggal) serta program peningkatan kapasitas kepemimipinan bagi mahasiswa yang lolos dalam program ini.

“Selain berprestasi akademik, program ini juga memiliki kategori lain seperti berprestasi di bidang seni dan olahraga, memiliki hafalan Qur’an, aktivis organisasi pemuda dan pelajar, serta dari kalangan penyandang disabilitas”, jelas Suharto Parai; Manager Bidang Pendidikan Yayasan Hadji Kalla seperti dikutip di website Yayasan Hadji Kalla.

Uniknya, Beasiswa Kalla tahun ini akan difokuskan untuk sepenuhnya membantu para calon Mahasiswa Baru, yang baru akan memulai pendidikan tingginya di tahun 2022. Para penerima juga nantinya akan mendapatkan bantuan hingga semester kedelapan atau dengan kata lain beasiswa ini akan diberikan hingga LULUS di tahun ke-empat.

Suharto Parai menjelaskan beberapa persyaratan umum terkait Beasiswa Kalla, di antaranya; (1). Merupakan mahasiswa semester 1 (pertama) dari 20 PTN Terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti 2022 atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di wilayah SulSel, SulBar, SulTeng, dan SulTra, (2). Pendaftar Berasal dari Provinsi SulSel, SulBar, SulTeng, dan SulTra, (3).

Kemudian, Berprestasi akademik (Nilai Rapor 7.50) atau non-akademik (Hafidz Al-Quran, bidang olahraga (atlet), bidang seni, aktivis organisasi, dan kelompok disabilitas, (4). Pendaftar tidak mendapatkan beasiswa yang serupa dari lembaga lain, dan terakhir (5). Berasal dari keluarga tidak mampu (dhuafa). (Red/As)

0 Comments