Manifestasi Tentang Diri Sendiri

UJARAN.ESSAY - Nama saya Muhammad Khairul Nizam, saya dilahirkan di sebuah kota yang dijuluki Kota Bumi Panrita Kitta Kabupaten Sinjai pada tanggal 03 April 2004. Dari seorang ayah yang bernama AMBO Dan ibu yang Bernama Nirmawati Sejak kecil saya tinggal di kota kelahiran bersama dengan orang tua dan dua orang kakak laki-laki saya sangat bersyukur dilahirkan di tengah-tengah keluarga yang sangat menyayangi diri saya. Selain itu keluarga ini juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai religius, sederhana, sopan santun dan disiplin dalam segala hal.

Saya  menempuh pendidikan SDN 96 Mannanti pada tahun 2010 dan lulus di tahun 2016, lalu lanjut di MTS Al-Azhar Mannanti pada tahun 2016 dan lulus pada tahun 2019 dan lanjut di SMK Mannanti lalu memilih jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura (ATPH) dan lulus pada tahun 2022. 

Waktu saya masih duduk di bangku SMK masa itu saya masih kelas 11 saya mengikuti program praktik kerja industri di salah satu laboratorium pertanian terbesar yang ada di Kecamatan Tellulimpoe, berjalan satu minggu saya masuk prakerin ibu saya meninggal pada saat itu di situlah saya mulai patah semangat dan jarang mengikuti prakerin sampai-sampai saya mengulang pada waktu itu, setelah saya berpikir bahwa saya ini adalah harapan keluarga saya kembali bersemangat karna terus di bayang-bayangi oleh perkataan terakhir ibu yaitu kau adalah harapan keluarga anak jadi bersungguh-sunggulah dalam belajar.saya juga dikenal sebagai anak yang cukup cerdas, aktif, mudah bergaul dan religius. 

Penilaian terhadap diri saya tersebut dilakukan oleh orang-orang di sekitar saya diantaranya ialah orang tua, kakak, adik, sahabat, guru, dan lainnya. Meskipun mereka menilai saya seperti itu, namun saya sama sekali tidak merasa bahwa diri saya pintar, aktif, apalagi religius. Lebih tepatnya saya mengupayakan diri agar bisa seperti itu dan klaim tersebut tidak berpengaruh apa-apa pada diri saya.

Setelah lulus di SMK saya mulai bekerja sebagai seorang kurir makanan di kampung saya pada saat itu saya di gaji 300 rb perbulanya tapi semua itu saya syukuri tak berselang lama orang-orang di kantor lurah itu melihat saya semangat dalam bekerja saya di panggil untuk masuk di kantor lurah itu semua kesyukuran yang saya dapatkan tetapi saya juga tetap menjadi kurir walaupun itu saya sudah berkerja di kantoran karna ada masa kerja di kurir itu yang telah saya sepakati selama 3 bulan kerja. 

Tak lama kemudian di awal tahun 2023 saya mencoba mendaftar sebagai panitia pemungutan suara di kelurahan saya yakni Kelurahan Mannanti dan di situ juga saya pertama kali melaksanakan ujian komputer dan alhamdulilah saya bisa lanjut ke tahap wawancara, ternyata setelah mengikuti wawancara alhamdulillah saya terpilih menjadi PPS untuk pemilu serentak pada tahun 2024 di kelurahan saya dan juga saya mendapat tanggung jawab sebagai ketua.

Di situ saya berpikir kalau saya hanya tamatan smk mungkin kita hanya di pandang sebelah mata oleh orang lain,nah semangat saya kembali membara dan teman-teman,keluarga, dan senior juga mendukung untuk melanjutkan pendidikan Strata satu di Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) alhamdulillah saya bebas tes dengan jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam  (BPI) setelah itu saya melihat pengumuman bahwa ada pendaftran beasiswa kip maka saya mendaftar dan alhamdulillah saya lulus ini berkat doa dan kerja keras saya mengucapkan trimakasi banyak atas bantuan teman-teman yang selalu mengsupport saya memberikan wejangan dan petunjuk hingga saya bisa seperti sekarang ini.

Cukup sekian tulisan saya ini yang masih jauh dari kata sempurna tetapi saya mempunyai prinsip bahwa tidak ada orang yang bisa tanpa melalui proses.wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Penulis : Muhammad Khairul Nizam 
(MAHASISWA UIAD SINJAI)

0 Comments