PIKIR Unismuh 2023 Resmi Digelar di Makassar, Disdik Sulsel Tertarik Gelar Event Serupa

UJARANCOM, MAKASSAR - Kegiatan PIKIR Unismuh dihadiri  juga oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Aminuddin Tarawe.

"Saya tertarik dari pekan PIKIR ini, dengan ajang menulis, ajang menulis sangat penting, ada beberapa yang identik dengan menulis yaitu menguasai riset metodologi karena jika sudah menguasai maka akan aman untuk kedepannya dan sangat bermanfaat, semoga kita bisa buat juga semacam ini," Ungkapnya kepada ujarancom.

PIKIR adalah salah satu kegiatan nasional berupa ajang lomba yang diadakan setiap tahunnya oleh UKM LKIM-PENA Universitas Muhammadiyah Makassar, tema PIKIR 2023 yaitu "Youth Action Towards Indonesia Net Zero Emission 2060".

Berbagai lomba di ajang PIKIR 2023 yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, Lomba Esai Mahasiswa, Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa, dan Lomba PENTAS Siswa.

Universitas yang berhasil menjadi finalis yaitu dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Universitas Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Mataram, Universitas Pertahanan Republik Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Trunojoyo Madura, UPN Veteran Jakarta, UPN Veteran Jawa Timur, dan  Universitas Hasanuddin. Dan berbagai sekolah dari Makassar, Takalar, Bulukumba dan Gowa.

Finalis tersebut adalah hasil seleksi UKM Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar dalam event PIKIR 2023 dilaksanakan di lt. 2 Balai Sidang Universitas Muhammadiyah Makassar. Jumat 28 Juli hingga Senin 31 Juli 2023.

Ajang PIKIR ini resmi dibuka oleh Wakil Rektor 4 Universitas Muhammadiyah Makassar, Drs. KH Mawardi Pawangi.  Pembantu rektor itu mengatakan bahwa Menulis itu akan selalu diingat, perintah agama syariat Islampun ada perintah utama ada tiga pertama Membaca, meneliti dan menulis, Adapun harapan dari ayahanda semoga kegiatannya berkah.

Selain itu pembina UKM LKIM-PENA, Dr. Muh. Arifuddin, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya mengharap bahwa semoga ajang ini, jadi cikal bakal untuk semua sebagai menjadi pelajar yang kreatif baik untuk SMA maupun mahasiswa

Ketua panitia Muh. Anwar menyampaikan bahwa ajang PIKIR tahun ini dibentuk sebagai bentuk kreativitas para siswa dan mahasiswa untuk memberikan solusi akan lingkungan sekitar

Juga dipertegas dalam sambutan Ketua Umum UKM LKIM-PENA Lukman Nul Hakim Amran Saputra bahwasanya Perubahan Iklim menjadi keresahan masyarakat Indonesia saat ini, maka dari itu tema dari ajang PIKIR ini dapat mengatasi masalah lingkungan saat ini "Mari berkolaborasi untuk memberikan solusi untuk Indonesia" Ungkapnya

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kegiatan pikir berlangsung hingga 31 Juli 2023 dengan berbagai agenda kegiatan. (*)

0 Comments