Lorong Wisata Sydney, Danny Pomanto: Longwis Bangun Kemandirian Ekonomi Rakyat

UJARAN.MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, meninjau Lorong Wisata (Longwis) Sydney (Citra Karya) di BTN Citra Tello Permai, Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Senin (3/10/2022).

Longwis Sydney terbentang di bantaran Sungai Tallo menyajikan wisata kuliner apung dengan sajian ikan segar sebagai menu utama dari nelayan setempat

Tidak hanya itu di Longwis Sydney ini, dikembangkan berbagai jenis tanaman oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Tallo Baru, diantarannya padi, bawang, cabai, dan sawi.

Danny mengatakan, sejauh ini ada 195 Longwis dan ada 14 yang sudah memiliki konten yang lainnya sementara masih mengisi.

“14 Lorong Wisata ini, saya akan tes, apakah semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) masuk di sini atau tidak, itu menjadi penilaian saya dan itu akan saya evaluasi,” kata Danny.

Ditanya mengenai prediksi dampak inflasi tahun depan terjadi peningkatan, Danny menjawab, itulah mengapa dirinya gencar mengembangkan Longwis, dengan membentuk badan usaha orong dan budi daya tanaman bagi warga.

“Mereka tidak akan belanja di pasar lagi, warga tinggal ambil di sini saja tanamannya, jadi resesi itu akibat inflasi. Inflasi itu terjadi jika kebutuhan tidak terpenuhi, jika terpenuhi jelas inflasi tidak ada,” jelasnya.

Sebab itulah, kata Danny, ia mempercepat pengembangan Longwis, karena dampak resesi sudah mulai di Eropa hingga Amerika.

“Makassar harus siap dan Lorong Wisata-lah jawabannya, itu tanggung jawab saya melakukan kemandirian ekonomi rakyat melalui Lorong Wisata,” tuturnya.

Camat Panakkukang, Andi Pangeran Nur Akbar, menuturkan, dengan adanya Lorong Wisata warga tidak terpengaruh dengan adanya kenaikan harga.

“Di sini ada area kebun yang dikelola oleh kelompok wanita tani, jadi setelah ada hasil kebunnya secara proporsional akan dibagikan kepada masing-masing warga, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari,” jelasnya

0 Comments