Pelindo Layani 1,7 Juta Pemudik Selama Lebaran 2025


Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, menjelaskan bahwa puncak arus mudik terjadi pada Jumat, 28 Maret 2025 (H-3) dengan jumlah pemudik mencapai 129.882 orang. 

UJARAN.CO.ID - JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mencatat telah melayani sebanyak 1.721.173 pemudik selama arus mudik dan balik Lebaran 2025 di seluruh terminal penumpang Pelindo di Indonesia. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 2,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yaitu H-15 hingga H+7 Lebaran 2024.


Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki, menjelaskan bahwa puncak arus mudik terjadi pada Jumat, 28 Maret 2025 (H-3) dengan jumlah pemudik mencapai 129.882 orang. Sementara itu, puncak arus balik terjadi pada Senin, 7 April 2025 (H+6) dengan total 103.869 orang. “Kami bersyukur bahwa layanan arus mudik dan arus balik di pelabuhan telah berjalan lancar tanpa gangguan, seluruh dermaga beroperasi penuh 24/7 untuk melayani para pemudik,” ujarnya.


Terminal Penumpang Tanjung Perak Surabaya menjadi yang tersibuk dengan jumlah pemudik sebanyak 200.105 orang, disusul Terminal Tanjungpinang dengan 196.695 orang, Tanjung Balai Karimun 118.481 orang, Pelabuhan Banten 107.913 orang, serta Terminal Penumpang Makassar sebanyak 82.709 orang.


Pelindo menyiapkan berbagai fasilitas mudik Lebaran 2025 guna meningkatkan kenyamanan pemudik, termasuk tenda tambahan, toilet portable, alat pemeriksa barang, serta personel tambahan di lapangan. “Berbagai fasilitas layanan pendukung yang kami siapkan juga telah dimanfaatkan oleh para pemudik. Mudah-mudahan dapat membantu pemudik merasa lebih nyaman dan aman selama perjalanan,” ujarnya.


Selain penyediaan fasilitas secara mandiri, Pelindo bekerja sama dengan BUMN lain mengaktifkan Posko Mudik BUMN di pelabuhan. Posko tersebut menyediakan layanan cek kesehatan gratis, pembagian obat, makanan buka puasa, area ibadah, ruang istirahat, ruang bayi dan laktasi, working space, hingga area bermain anak.


Baca Juga

Salah satu pemudik bernama Asti yang menggunakan fasilitas Terminal Penumpang Bandar Deli Belawanmenyampaikan kesannya atas pelayanan Pelindo saat mudik bersama ibunya. “Alhamdulillah, saya merasakan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh Pelindo sangat baik, kebetulan saya mudik bersama Ibu saya pengguna kursi roda yang membutuhkan akses yang mudah. Petugas dengan sigap memberikan layanan kursi roda untuk melewati garbarata sehingga mudah untuk akses ke dalam kapal,” ujarnya.


Selain penumpang, arus kendaraan selama Lebaran 2025 di Terminal Roro Pelindo juga menunjukkan peningkatan signifikan. Pelabuhan Ciwandan, Banten mencatatkan jumlah kendaraan tertinggi dengan 81.955 unit, disusul Tanjung Perak 29.808 unit, Lembar 14.249 unit, Trisakti 7.415 unit, dan Tanjung Wangi 7.319 unit. Total kendaraan yang dilayani mencapai 169.595 unit.


Ardhy menyebut bahwa kelancaran layanan Lebaran 2025 tak lepas dari koordinasi lintas lembaga dan instansi yang solid. “Kami sangat mengapresiasi koordinasi yang baik antar seluruh stakeholder, baik internal maupun eksternal, termasuk Kemenhub, KSOP, Kepolisian, TNI, dan Pemerintah Daerah sehingga Angkutan Laut Lebaran 2025 telah terselenggara dengan lancar dan aman,” ujarnya.


Pelindo berkomitmen mendukung kelancaran arus mudik nasional dengan menjaga kualitas layanan dan penguatan koordinasi lintas instansi. Layanan 24 jam dan fasilitas ramah penumpang menjadi prioritas utama selama masa angkutan Lebaran.


Dengan peningkatan jumlah pemudik dan kendaraan, Pelindo mempertegas perannya sebagai tulang punggung transportasi laut nasional dan bagian dari ekosistem vital angkutan Lebaran 2025 di Indonesia.

0 Comments