Wakil Rektor Kampus Milik Jusuf Kalla Dukung Bro Rivai Jadi Pj Gubernur Sulsel

UJARANCOM, MAKASSAR - Laksamana Pertama (Laksma) TNI, Abdul Rivai Ras, masuk dalam radar calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Menurut Informasi yang beredar, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman akan mengakhiri jabatan pada 5 September 2023 mendatang. 

Menurut informasi yang diperoleh, terdapat enam nama yang diusulkan ke Kemdagri. Salah satunya adalah Bro Rivai, sapaan akrab Abdul Rivai Ras. Perwira Tinggi TNI AL ini disebut-sebut direkomendasikan oleh dua fraksi DPRD Sulsel, yakni Demokrat dan PDI-Perjuangan. 

Kabar yang mencuat tersebut pun menuai respons positif. Itu lantaran pria asal Kabupaten Bone yang baru promosi jabatan menjadi Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam, dinilai mempunyai kapasitas yang dibutuhkan untuk Sulsel.

“Saya kira Bro Rivai (sapaan akrab Laksamana Pertama (Laksma) TNI Abdul Rivai Ras) layak menjadi PJ Gubernur Sulawesi Selatan karena memiliki banyak pengalaman dan telah memenuhi syarat, diantaranya eselonisasi,” Ujar Prof Sukardi Weda selalu Wakil Rektor Bidang Akademik Institut Teknilologi dan Bisnis (ITB) Kalla. Rabu (19/6/23).

Prof Sukardi yang berkantor di Nipah Mall Kampus ITB Kalla milik Mantan Wakil Presiden RI dua periode Bapak HM Jusuf kalla, mengaku bahwa kapasitas Bro Rivai cukup memumpuni dalam melanjutkan estafet kepemimpinan sebagai Pj Gubernur.

“Memiliki kemampuan teritorial sehingga dapat menjaga stabilitas wilayah Sulawesi Selatan yang didiami oleh beragam kelompok etnis, dia juga dapat menekan terjadinya konflik komunal dan konflik antar kampung, dan dengan pengalamannya menjabat sejumlah jabatan strategis di sejumlah lembaga pemerintahan dan pengalaman organisasinya yang bermula ketika ia mahasiswa semakin meneguhkan kemampuan managerial dan kepemimpinannya,” Ujarnya di sela-sela acara Kalla Institute Festival.
Laksamana asal Bone Sulawesi Selatan tersebut diyakini dapat menjaga stabilitas di Sulawesi Selatan karena ia berlatarbelakang TNI. Ia juga telah dikenal luas di Sulawesi Selatan, karena beberapa kali perhelatan demokrasi di Sulawesi Selatan, kegiatan akdemisi, kemanusiaan hingga keagamaan, nama dan foto diri Bro Rivai turut menghiasi pemberitaan di Sulawesi Selatan.

“Sebagai sosok yang dinanti mengisi Pj Gubernur, kebetulan juga Posko Kemanusiaan Bro Rivai hanya sekitar 20 meter dari kantor tempat saya bekerja sebagai Komisioner KPID Sulsel, di Jalan Botolempangan, tepatnya di depan Sekretariat HMI, tempat ia dikader menjadi calon pemimpin bangsa ini,” Ujar Prof Sukardi.


Lantas bagaimana respon Bro Rivai saat ditanya terkait namanya yang beredar luas menjadi bahan perbincangan publik Sulsel belakangan ini. 

“Belum bisa komentar banyak. Pasca dilantik nanti sebagai staf ahli di Kemenko Polhukam, saya akan fokus pada tugas baru dalam membantu Bapak Menteri Mahfud MD,” Tulisnya melalui pesan singkat WA.

0 Comments