PDIP Beri “Lampu Hijau” Dukung Rivai Ras Jabat Pj Gubernur Sulsel

UJARANCOM, MAKASSAR - Peluang Laksma TNI, Abdul Rivai Ras menjadi Pj Gubernur Sulsel pada September mendatang, semakin terbuka lebar. Pasalnya ada dua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang tentunya sebagai salah satu pemilik kursi di DPRD Sulsel yang mengusulkan namanya.

PDI Perjuangan mengusulkan nama pria asal Bone yang akrab disapa Bro Rivai itu, mengisi kekosongan nakhoda pemerintahan di Sulsel yang akan ditinggalkan Andi Sudirman Sulaiman 5 September 2023 mendatang.

Bro Rivai sapaan akrabnya sebagai alumni Fakultas Teknik Unhas tersebut, punya peluang menjabat PJ Gubernur Sulsel. Pengurus Pusat PDI Perjuangan, Prof Hamka Haq mendukung sepenuhnya. 

Di matanya, Bro Rivai sosok yang tepat menjabat Gubernur Sulsel hingga 2024 mendatang. “Sangat mantap sesuai harapan,” puji Hamka Haq.

Hal senada disampaikan Sekretaris PDIP Perjuangan Sulawesi Selatan, Rudi Peter Gony (RPG) saat ditanya bagaimana tanggapan soal isu PJ Gubernur di Sulawesi Selatan bahwa pihaknya akan sejalan dengan arahan dari pimpinan pusat.

“Kami menunggu arahan DPP,” Ujar Anggota DPRD Provinsi Sulawesi selatan itu.

Dukungan juga datang dari Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti. Bahkan, tokoh asal Enrekang itu akan merekomendasikan Bro Rivai ke Mendagri, Tito Karnavian.

“Dibutuhkan sosok yang bisa mengembalikan pemerintahan di Sulsel ini ke rel semula. Nah, itu ada pada diri Rivai Ras,” sebut La Nyalla. 

Terkait PJ Gubernur Sulsel, usulan dari DPRD Sulsel ke Mendagri minimal dua hingga tiga nama. Dengan adanya dukungan dari Demokrat dan PDIP, maka Bro Rivai sisa membutuhkan usulan dari tujuh fraksi lainnya dari total sembilan fraksi di DPRD Sulsel. Sumber internal di Kementerian Dalam Negeri menyebutkan, nama Bro Rivai memang menguat mengisi posisi PJ Gubernur Sulsel September mendatang.

Tiga syarat sudah terpenuhi. Pertama, syarat eselonisasinya sudah terpenuhi sebagai pejabat eselon satu, dan bekerja di lingkungan kementerian lembaga yakni Kemenkopolhukam yang relevan dengan bidangnya sebagai staf ahli bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman, di mana Sulsel adalah provinsi yang berbasis maritim. 

Kedua, Bro Rivai putra asli Sulsel. Juga sosok yang memiliki kompetensi dalam mengawal pemerintahan dan kapasitas dalam menjaga stabilitas keamanan, yang notabene Sulsel merupakan wilayah rawan konflik menjelang pemilu 2024.

Rivai dinilai memiliki kemampuan itu karena berlatar pendidikan Ilmu politik dan ketahanan nasional.

Di samping sebagai Pati TNI yang berpengalaman di bidang birokrasi. Ia pernah mengabdi di lembaga kepresidenan, sekmilpres Kemensesneg RI, stuktural di Ditjen Stategi Pertahanan, termasuk pernah menjadi perwira pengelola barang dan jasa Alutsista di Pusalpalhan Baranahan Kemenhan RI, Sahli Panglima Tk II bidang Sosial Budaya, Hukum dan HAM, serta pendiri dan dosen Universitas Pertahanan RI.

Baik secara geografis maupun budaya karena kebetulan sebagai putra daerah Sulsel asal Bone juga dekat dengan masyarakat, dunia kampus, dan lembaga agama serta pesantren. (*)

0 Comments