FMDKI Makassar Bersama LKA MPM UINAM Adakan KARIMAH



UJARAN, GOWA–Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesia (FMDKI) Daerah Makassar kembali adakan Kajian Ramadhan Ilmiah Muslimah (KARIMAH) bekerjasama Lembaga Kajian Al-Qur’an Mahasiswa Pencinta Masjid (LKA MPM) UIN Alauddin Makassar, Ahad (12/03/2023). 

Kegiatan yang bertajuk “Ramadhan, The Real Healing (Meraih Ketenangan Jiwa dengan Spirit Takwa)” ini berlangsung di tiga titik dengan menghadirkan 175 Mahasiswa Muslimah di berbagai fakultas se-UIN Alauddin Makassar. 

Nurpatima selaku panitia pelaksana mengungkapkan, bahwa KARIMAH tahun ini yang dilaksanakan di 55 titik di seluruh Indonesia dan tiga titik di kampus UIN Alauddin Makassar. 

“Di antaranya Zona 1 yang diadakan di Lecture Theater (LT) Kampus terdiri dari empat Fakultas yaitu Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Kedokteran dan Imu Kesehatan, serta Fakultas Syariah dan Hukum,” terangnya.

Alumni Universitas Islam Negeri Alauddin tersebut menuturkan, selain di LT Kampus, KARIMAH juga terlaksana di Zona 2 tepatnya di LT Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Serta Zona 3 terdiri dari tiga fakultas yakni Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Humaniora, dan Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Ilmu Politik yang diadakan di LT Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Patima, sapaan akrabnya  berharap agar kegiatan KARIMAH ini dapat mengantarkan mahasiswi meraih ketenangan jiwa sehingga semangat melakukan ketaatan kepada-Nya.

“Berharap KARIMAH kali ini dapat mengantarkan mahasiswi kembali meraih ketenangan jiwa dan kesehatan mental dengan semangat dalam melakukan ketaatan kepada Allah khususnya pada bulan Ramadhan,” ungkapnya. 

Acara ini menghadirkan dua pemateri. Adapun materi pertama dibawakan oleh Ustazah Yuni Aslia, dengan judul “It's Ramadhan, Get Ready for the Real Healing” dan Ustazah Nurhayati Yahya sebagai pemateri kedua dengan judul “How Ramadhan Heal You”, keduanya merupakan da’iyah dan aktivis dakwah.

Diawal pemaparan materinya, Ustazah Yuni Aslia yang merupakan wanita kelahiran Selayar tersebut menyampaikan bahwa sejatinya healing yang dimaksud untuk menemukan ketenangan jiwa jawabannya sudah ada dalam Al-Qur'an.

"Apa solusinya? Bagaimana caranya supaya kemudian kita bisa tenang, bisa tentram jiwa kita dengan mengingat Allah Subhanahu Wa Ta'ala," jelasnya.

Lebih lanjut, alumni Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar tersebut juga menjelaskan keutamaan-keutaamaan yang terdapat di bulan Ramadan sehingga membangkitkan semangat peserta mengetahui keutamaan adanya balasan terbaik Allah Subhanahu Wata’la dalam mengerjakan amal di bulan Ramadhan.

“Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia, bulan penuh berkah, dimana pahala dilipatgandakan di bulan ini. Karena ada banyak keutamaan-keutaamaan yang akan Allah lebihkan dibanding bulan lainnya. Salah satunya yaitu yang didalamnya terdapat malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan,” ungkapnya.

Tidak lupa, Ustazah Nurhayati sapaan akrabnya menambahkan agar muslimah bisa menjadikan bulan Ramadan sebagai bulan healing terbaik, tentu dengan mengetahui amalan-amalan yang dianjurkan tidak hanya semangat tapi dengan ilmu yang menjadi pelengkap untuk kemudian dapat mencapai tujuan amalan yaitu surga-Nya.

“Peran ilmu begitu penting dalam setiap amalan termasuk amalan-amalan di bulan Ramadan. Sebanyak apapun itu, namun ketika tidak ada ilmu yang mendasarinya maka akan sia-sia saja. Bahkan dampaknya akan sangat fatal, sebab tujuan dari amalan yang dilakukan tidak akan mampu diraih melainkan kerugian yang akan didapatkan,” tuturnya.


Reporter: Wahyuni

Editor: Sinta Kasim





0 Comments