Staf Ahli Mendikbud Ristek Harap Awardee BPI UI Bantu Pemerintah



UJARAN.JAKARTA – Ratusan Awardee Beasiswa Pendidikan Indonesia Universitas Indonesia (BPI UI) hadiri Gathering BPI UI 2023 bertempat di Gedung A Kemdikbud Ristek RI. Sabtu, 11 Februari 2022.

Diketahui, saat ini jumlah penerima BPI di Universitas Indonesia kurang lebih 300 orang.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Kolaborasi Membangun Negeri” dihadiri oleh Staf Ahli Mendikbud Ristek, Prof. Dr. H. Muhammad Adlin Sila, M.A., Ph.D, Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia, Didit Ratam, Kepala Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi, Anton Rahmadi, S.Tp., M.Sc., Ph.D dan Kasubag Umum BPPT Kemdikbud Ristek, Ratna Prabandari.

Ketua Panitia Pelaksana Gathering Awardee BPI UI, Ismail Mahmud menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari jenjang S1 hingga S3.

Lurah BPI UI, Mohammad Heri Kurniawan dalam sambutannya berharap agar awardee BPI UI kedepan bisa lebih progresif dan kolaboratif dengan berbagai pihak.

Senada dengan hal tersebut, Ketua ILUNI UI, Didit Ratam dalam penyampaian nya menjelaskan bahwa saat ini ILUNI telah melakukan beragam kolaborasi diantaranya membantu alumni, membantu almamater dan membantu negeri.

Lebih lanjut, dirinya juga mengusahakan kolaborasi alumni UI dengan model Penta Helix agar menghasilkan alumni terbaik yang mampu menguasai Ilmu Pengetahuan danTeknologi (Social Sciences, Medicine, STEM), PenguasaanTeknologi, Inovasi, Soft skills, CriticalThinking dan Semangat Kolaborasi (Kolaborasi menghasilkan Sinergi).

Ia juga membuka ruang kepada para penerima BPI UI untuk bisa berkontribusi terhadap pembangunan bangsa melalui kolaborasi.

Sementara itu, kepala BPPT Anton Rahmadi juga memaparkan sebaran penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia berdasarkan KTP sebanyak 3538 dan berharap agar kedepan peminat BPI bisa bertambah, khususnya yang berasal dari daerah 3T.

Dirinya juga menyampaikan bahwa saat ini beberapa layanan sistem yang ada dalam BPI sedang dikembangkan agar visi 20% Ph.D. Ia juga meminta agar para penerima BPI bisa memberi dampak positif terhadap Indonesia setelah studi.

Terakhir, Staf Ahli Mendikbud Ristek, Muhammad Adlin menitip pesan agar para penerima beasiswa bisa memaksimalkan segala potensi dan membangun kolaborasi dengan beragam stakeholder.

Ia juga berharap agar para penerima BPI dalam melakukan riset dapat membantu pemerintah menangani beragam permasalahan yang ada di Indonesia.

Selain sesi diskusi dalam gathering tersebut juga dilakukan serah terima Jabatan Lurah baru BPI UI yang kini dijabat oleh Legina Anggraeni Syamsiar hingga pembekalan kepada para awardee oleh Kasubag Umum BPPT Kemdikbud Ristek, Ratna Prabandari. (Red)

0 Comments