Dosen dan Mahasiswa Kalla Institute Salurkan Lampu Tenaga Surya Kepada Rumah Dhuafa di Luwu



UJARAN.LUWU – Dosen dan Mahasiswa Kalla Institute melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan menyalurkan bantuan Lampu Tenaga Surya kepada tujuh rumah warga dhuafa di Dusun Palakka, Desa Malewong Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, pada hari Sabtu – Ahad tanggal 11 – 12 Februari 2023. Program ini merupakan kerjasama dengan Yayasan Ruang Kerja Ukhuwah (RKU) Makassar yang bergerak di dalam bidang Kemanusiaan, Pendidikan dan Lingkungan.

Tim penyaluruan bantuan terdiri atas Pengurus Yayasan Ruang Kerja Ukhuwah, beberapa mahasiswa dan dimpimpin oleh Kepala Biro Kerjasama dan Pengembangan Mahasiswa/Alumni Bapak Abdul Hakim, S.Pd., MA yang juga merupakan salah seorang dosen Program Studi Sistem Informasi Kalla Institute.

Menurut Abdul Hakim, pemberian bantuan Lampu Tenaga Surya ini dilakukan karena sebagian warga di Dusun Palakka Desa Malewong belum mampu membiayai pemasangan instalasi listrik PLN yang harganya cukup tinggi. Masih rendahnya pendapatan warga yang umumnya bekerja sebagai pekebun dan serabutan merupakan salah satu alasannya.

Lampu Tenaga Surya menjadi salah satu jawaban yang tepat untuk mengatasi persoalan ini. Di samping harganya yang relatif terjangkau, perawatannya mudah dan proses instalasinya di rumah-rumah warga secara teknis tidak sulit dilakukan.


Sementara itu, Nandasari yang merupakan Manager Finance and Human Resources Yayasan Ruang Kerja Ukhuwah mengatakan bahwa pihaknya menggandeng Kalla Institute dalam menjalankan program bantuan ini atas beberapa pertimbangan antara lain; Kalla Institute memiliki banyak sumber daya (mahasiswa usia muda) yang dapat digerakkan untuk menjalankan program-program kemanusiaan. Lokasi penyaluran bantuan Lampu Tenaga Surya di Dusun Palakka Desa Malewong, medannya cukup ekstrim karena berada di wilayah pegunungan dan hutan belantara dengan akses jalan yang terbatas.

Butuh anak-anak muda yang energik dan kuat secara fisik dan mental untuk mencapai lokasi pemberian bantuan. Alhamdulillah, berkat kerjasama yang terjalin ini, bantuan dapat disalurkan dengan tepat sasaran dan mampu menjangkau wilayah-wilayah dengan akses jalan dan jaringan komunikasi yang minim.

Sekretaris Desa yang mewakili Pemerintah Desa Malewong Bapak Hasbi, S.IP menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Yayasan Ruang Kerja Ukhuwah dan Kalla Institute atas pelaksanaan program bantuan ini. Menurutnya, bantuan Lampu Tenaga Surya yang disalurkan sangat bermanfaat bagi warga dhuafa yang sudah puluhan tahun tinggal di dusun ini namun belum pernah merasakan penerangan di rumahnya.

“Apalagi ini menjelang bulan Ramadhan, kebutuhan penerangan di malam hari akan sangat membantu warga dalam menyiapkan makan sahur dan aktivitas produktif lainnya di waktu malam,” ungkapnya bersemangat.

Bapak Maudu’, salah seorang warga penerima manfaat mengungkapkan kegembiraannya karena terpilih menjadi salah satu di antara warga dusun yang mendapatkan Lampu Tenaga Surya. Lelaki yang telah berusia 65 tahun ini menuturkan bahwa ia tinggal di dusun Palakka secara turun temurun sejak puluhan tahun lalu bersama keluarganya. Akan tetapi hingga saat ini Ia belum pernah memiliki penerangan di rumahnya. Pekerjaannya sebagai petani pekebun yang penghasilannya tidak menentu menjadi salah satu penyebab mengapa Ia belum mampu membiayai instalasi listrik PLN.

“Saya bersyukur sekali dapat Bantuan Lampu Tenaga surya ini. Rumah kami tidak gelap lagi dan pasti lebih aman dan nyaman kalau di rumah ada lampunya,” tuturnya dengan wajah bahagia.

Semoga sinergi Yayasan Ruang Kerja Ukhuwah dan Kalla Institute dalam urusan kemanusiaan, pendidikan dan lingkungan dapat terus berjalan dan menjangkau wilayah yang lebih luas di seluruh wilayah Indonesia. (Red)

0 Comments