Masa Perbaikan Dukungan Telah Usai, LO Yagkin Padjalangi Puji Kinerja KPU dan Bawaslu Sulsel

UJARAN.MAKASSAR – Komisi Pemiliham Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah membuka masa perbaikan bukti dukungan bagi Bakal Calon (Balon) senator untuk daerah pemilihan atau Dapil Sulawesi Selatan sejak tanggal 16 sampai 22 Januari 2023. Hasilnya, dari 34 jumlah balon senator hanya 3 yang tidak menyerahkan bukti perbaikan dukungan yang sebelumnya berstatus belum memenuhi syarat (BMS) dan tidak memenuhi syarat (TMS).

Ada tiga bakal calon DPD RI atau senator asal Sulawesi Selatan yang tidak menyerahkan bukti dukungan perbaikan hingga pukul 23.59 WITA di Komisi Pemilihan Umum atau KPU Sulawesi Selatan yaitu , Novianus YL Patanduk, H.A.M Irsan Idris Galigo dan Hj. Aliyah Mustika Ilham

Adapun lima balon senator diberi penambahan waktu penginputan selam 2×24 jam yaitu Sulprian, Armal Hakam, Mappatunru, Prof dr.Ir. A. Abdul Rachman, dan Prof.Dr. Idrus Andi Paturussi sesuai dengan surat KPU RI no.89/PL.01.4-SD/05/2023 tertanggal 21 Januari 2023 mengenai pemberian tambahan waktu

“Ada tiga balon senator yang tidak setor bukti dukungan perbaikan hingga batas waktu yang telah ditentukan. Sedangkan lima lainnya diberi penambahan penginputan karena mereka datang sebelum jam 23.59 WITA,” ujar Kasubag Teknis KPU Sulsel, Muh Asri ketika dikonfirmasi pada Senin dini hari, 23 Januari 2023.

Kasubag Teknis KPU yang dikenal humble tersebut menolak berkomentar lebih jauh terkait 3 balon senator yang tidak menyerahkan bukti dukungan perbaikan itu.

Apakah lolos dalam tahapan selanjutnya atau tidak. “Gugur tidak nya bacalon senator nanti di akhir,”ucapnya singkat.

Dikonfirmasi saat pengembalian berkas dukungan pukul, 22 Januari 2023, salah satu Liaison Officer (LO) bakal calon DPD A. Yagkin Padjalangi yang kerap disapa kakak Anda memberikan apresiasi atas kinerja KPU dan BAWASLU dalam memberikan pelayanan dan fasilitas kepada seluruh Balon DPD RI

“Kami berterima kasih kepada seluruh jajaran KPU dan BAWASLU mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah yang telah menunjukkan integritasnya sebagai 2 lembaga negara yang berfungsi secara efektif dan mampu memfasilitasi pelaksanaan Pemilu yang jujur dan adil”l,” ujarnya.

Anda menyatakan pelayanan KPU dan BAWASLU adil tanpa membeda-bedakan

“Alhamdulillah saat ini tepat pukul 22.22 wita kami telah menyelesaikan tahapan perbaikan, tentu tanpa bantuan dan arahan teknis dari KPU kami tentu akan kesulitan menyelesaikan tahapan sampai saat ini, dan ini berlaku untuk seluruh balon DPD, tidak ada pengecualian dalam pemberian arahan dan pelayanan oleh tim teknis KPU, kami lihat betul KPU dalam bekerja menjunjung tinggi asas keadilan, tentu ada BAWASLU yang memastikan berjalan baik, selama seluruh tahapan yang berjalan ini tidak melanggar aturan, yakin saja akan lolos pada waktunya” tutupnya sambil tersenyum. (Red)

0 Comments