HMJ Teknik PWK UIN ALAUDDIN Gelar Seminar Nasional Celebes Plano Festival Vol. VI

UJARAN.GOWA -Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (HMJ.T.PWK) gelar seminar nasional bertemakan “Indonesia Emas 2045: Harapan dan Tantangan bangsa” yang merupakan salah satu program dari Celebes Plano Festival Vol. VI , yang berlangsung di Auditorium Kampus 2 Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Kamis (15/12/2022).

Celebes Plano Festival merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh HMJ Teknik PWK setiap tahunnya. Seminar Nasional ini merupakan salah satu kegiatan Celebes Plano Festival yang merupakan program dari HMJ-T. PWK periode 2022.

Adapun rangkaian program yang dilaksanakan Celebes Plano Festival Vol. VI adalah Plano Futsal Cup di tanggal 7-8 Desember, Lomba Infografis Nasional di tanggal 14 Desember, dan Seminar Nasional di tanggal 15 Desember, serta acara malam puncak Celebes Plano Festival vol.VI di tanggal 16 Desember.

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof.Dr.Darussalam, M.Ag (Wakil Rektor III UINAM), Prof.Dr. Muh Khalifah Mustami, M.Pd. (Dekan Sains dan Teknologi UINAM), Andi Idham, AP., S.T., M.Si., (Ketua Jurusan Teknik PWK) dan menghadirkan 4 Pembicara, yaitu Drs. Pelopor, M.Eng, Sc (Direktur Perencanaan Tata Ruang Nasional ATR/BPN), Salah satu pembicara Dr.Ir. Andi Yurnita S.T., M.Si., (Kepala bidang bidang tata ruang dinas PUTR provinsi Sulsel), Dr.Ir.H. Ilham Arief Sirajuddin, M.M. (Walikota Makassar 2004-2014), dan Arief Isnaeni, S.T., MSP., IAP. (Ketua IAP Sulsel).

Dalam sambutannya ketua panitia penyelenggara Irul Ismunandar menyampaikan harapannya dengan hadirnya Celebes festival kali ini bisa meningkatkan jiwa kreativitas mahasiswa Teknik PWK dan juga sebagai bentuk perkenalan Teknik PWK ke khalayak luar

“Saya berharap seminar nasional kali ini bukan sekedar tempat berbagi ilmu tetapi juga menjadi gerbang untuk seluruh peserta dalam bidang perencanaan,” harapnya.

Dalam sambutannya Prof.Dr.Darussalam, M.Ag Wakil Rektor III UINAM mengatakan berharap setiap event-event dari yang dilakun mahasiswa dan saya sangat menanti kedatangan mahasiswa saintek mengadakan kegiatan nasional

“Saya tahu mahasiswa saintek sudah banyak memberikan prestasi baik nasional maupun internasional dan ini perlu diapresiasi. Dan saya berharap hubungan dengan narasumber bisa berjalan terus karena perencanaan wilayah dan kota perlu kita perkenalkan baik di Sulawesi Selatan dan nasional,” harapnya, sambutan ini sekaligus membuka kegiatan seminar nasional.

Salah satu pembicara Dr.Ir. Andi Yurnita S.T., M.Si., dalam pemaparan materinya membahas mengenai kebijakan-Kebijakan dan strategi penata ruang untuk provinsi Sulawesi Selatan untuk 20 tahun kedepan

“Visi dan misi untuk tata ruang kota di 5 tahun kedepan untuk Sulawesi Selatan adalah Sulawesi Selatan yang inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter,” ujarnya.

Citizen Reporter: A. Kumala Dewi

0 Comments