10 Orang Warganya Ikut Pelatihan TKK, Kades Turungan Baji Apresiasi Dinas PUPR Kabupaten Sinjai

UJARAN.SINJAI – Pemerintah Desa Turungan Baji kembali mengikut sertakan warganya sebanyak sepuluh orang untuk mengikuti pelatihan Tenaga Terampil Tenaga Kerja Kontruksi (TKK) yang diadakan di Aula Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sinjai, Kamis (01/12/2022).

Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas PUPR Kabupaten Sinjai dengan menggandeng Balai Latihan Kontruksi Wilayah VI Makassar yang diikuti oleh kurang lebih 50 peserta dengan spesifikasi aplikator baja ringan.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 1-2 Desember 2022 dibuka langsung oleh Kepala Dinas PUPR Haris Achmad

Dalam sambutannya Haris Achmad menyambut peserta Pelatihan dan menekankan pentingnya kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat penting sebab akan menciptakan tenaga terampil konstruksi di Kabupaten Sinjai yang mana ditargetkan 100 tenaga terampil konstruksi setiap tahun dan ini tidak dipungut biaya alias gratis,” ujarnya.

Ia menambahkan Pelatihan uji sertifikasi ini sesuai amanat Undang-Undang nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi yang mewajibkan semua tenaga Kontruksi yang digunakan jasanya harus bersertifikat.

Ditempat terpisah Kepala Desa Turungan Baji saat dihubungi mengiakan jika ada warganya yang ikut kegiatan tersebut

“Iya betul ada sepuluh orang yang ikut Pelatihan Aplikator Baja Ringan, kali ini dan sebelumnya di bulan Oktober lalu ada lima belas orang yang ikut sebagian ada yang sudah dua kali ikut sertifikasi, jadi kalau semuanya lulus sertifikasi sudah ada kurang lebih 20 orang dari Desa Turungan Baji Tenaga Kontruksi yang bersertifikat,” bebernya.

Ia juga sangat mengapresiasi program ini dan berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga kedepan semakin banyak Tenaga Kontruksi yang berkompeten dan ilmunya bisa di implementasikan untuk membangun Desa.

Diketahui bahwa Pelatihan uji sertifikasi ini mulai di programkan Pemerintah Kabupaten Sinjai sejak tahun 2019 lalu dan kegiatan seperti ini sudah diadakan beberapa kali di kabupaten Sinjai dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten dengan jenjang dan bidang yang berbeda-beda antaranya Tukang Kayu, Tukang pasang bata dan Aplikator baja ringan. (Red)

0 Comments