Pemkot Makassar Sediakan Lapangan Kerja untuk Alumni Ilmu Pustaka

Foto: Kadis Perpustakaan Kota Makassar

UJARAN.MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membuka lapangan kerja bagi tenaga pustakawan lewat Program Magang Mandiri.

Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan Makassar, Tenri A Palallo di Makassar, menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya memenuhi permintaan SDM tenaga pustaka di sejumlah sekolah yang mengusulkan.

“Kita terus berusaha memenuhi permintaan yang diusulkan sejumlah pihak untuk pengisian tenaga pustakawan, khususnya di sekolah,” kata Tenri, Selasa (29/11/22).

Ia mengatakan bahwa terdapat sekitar 1.054 perpustakaan yang membutuhkan tenaga pustakawan di Kota Makassar, yakni perpustakaan sekolah, mulai SD, SMP serta SMA dan instansi lainnya.

“SMA memang tidak menjadi kendali Kota Makassar. Tapi, khusus pada perpustakaannya, Pemprov Sulsel menyerahkan pengelolaannya ke Kota Makassar,” katanya.

Diketahui, Program Magang Mandiri dimulai sejak 2019 dan berhasil menyalurkan sebanyak 47 tenaga pustakawan ke berbagai sekolah. Setiap tahun, Dinas Perpustakaan menyalurkan sebanyak 12 pustakawan dan hanya delapan orang sebagai uji coba di tahun 2019.

Sementara itu, Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus mengatakan bahwa Pemkot Makassar melalui Dinas Perpustakaan telaah menciptakan lapangan kerja bagi alumni Ilmu Pustaka.

“Lewat Magang Mandiri, kita sudah menciptakan lapangan kerja untuk alumni ilmu pustaka,” ungkapnya.

Menurut Tulus, magang ini berbeda dari yang lainnya. Magang Mandiri bukan dari segi keilmuan, tapi untuk mengadaptasi SDM terhadap lingkungan kerja.

“Jadi, mereka diuji dalam menghadapi birokrasi, pelayanan masyarakat yang kompleks, sarana perpustakaan yang sudah standar. Yang bertahan di sekolah itu sudah terpatri di jiwanya, minimal terdaftar di Dapodik. Sebab, penempatan di setiap sekolah hanya 1-6 bulan,” pungkasnya. (Red/Mabrul Mubarak)

0 Comments