Ganjar Pranowo Puji Program Pengendali Inflasi Lorong Wisata: Patut Kita Contoh

UJARAN.MAKASSAR – Upaya Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengendalikan inflasi melalui penanaman komoditi pangan di Lorong Wisata menuai pujian dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pujian itu dilontarkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengunjungi Lorong Wisata Sydney (Cipta Karya) di BTN Citra Tello Permai, Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (9/10/2022).

Ganjar menyampaikan, saat ini Indonesia tengah bersiap untuk menghadapi ancaman resesi akibat kenaikan inflasi yang sangat tinggi.

Namun, dengan adanya program Lorong Wisata yang dicanangkan Danny Pomanto membuat Makassar menjadi salah satu daerah di Indonesia paling siap menghadapi ancaman resesi.

“Jadi sebenarnya pengendalian inflasi bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan Pak Wali (Wali Kota) melakukan hal itu dengan baik dan didukung masyarakat setempat,” ucapnya.

Ganjar menyebutkan harga cabai yang tinggi menjadi salah satu penyumbang kenaikan inflasi, begitu pula dengan bawang merah. Sehingga apa yang telah dilakukan Danny sangat patut untuk dicontoh.

Dimana di Lorong Wisata, masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) menanam komiditi pangan seperti cabai, tomat, pakcoy, kangkung, selada, sawi, bawang hingga padi. Ada juga budidaya lobster air tawar, ikan nila, dan ikan lele.

“Saya melihat kegiatan KWT, menanam, mengoptimalkan lahan, sampai berdagang, menurut saya ini pemberdayaan yang bagus dan perlu untuk dicontoh,” ujarnya.

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto ikut mendampingi Gubernur Jateng berkeliling Lorong Wisata dan menyaksikan tanaman pangan yang dikelola langsung masyarakat setempat. Keduanya bahkan berkesempatan memanen cabai dan ikan nila.

Di hadapan Ganjar, Danny menerangkan Lorong Wisata merupakan program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dengan menyasar 1.095 Lorong Wisata tahun ini dan 5.000 hingga 2026.

“Visi misi kami ada 5.000 Lorong Wisata yang menjadi pembangkit ekonomi masyarakat kecil,” ungkapnya.

0 Comments