Danny Pomanto Berbagi Pengalaman Penataan Ruang di Hadapan Wantimpres

UJARAN.MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menjadi narasumber dalam pertemuan terbatas yang digelar Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Danny Pomanto membagikan pengalaman Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam implementasi pemanfaatan ruang bawah tanah.

“Jadi tadi kami, Pak Gubernur Sulsel untuk provinsi dan kami, berbagi pengalaman penerapan pemanfaatan bawah tanah di Kota Makassar,” ungkap Danny Pomanto.

Kepada Dewan Pertimbangan Presiden, Danny menganjurkan beberapa hal terkait kekosongan hukum pemanfaatan ruang bawah tanah.

Pengalaman dan pandangan dari Danny ini, bakal dijadikan rujukan terkait prosepek pengaturan pemanfaatan ruang bawah tanah secara nasion.

“Berdasarkan pengalaman kami di Makassar, peataan ruang bawah tanah perlu dibuatkan regulasi sendiri. Kami sarankan agar mencantol di undang-undang yang sudah ada,” ucapnya.

Dengan hadirnya undang-undang ini, pemanfaatan ruang bawah tanah perlu dimaksimalkan tanpa mengesampingkan persoalan penataan ruang.

Selain Danny, hadir pula guru besar dari Universitas Gajah Mada ahli penataan ruang dan ahli hukum agraria, Prof Bhakti Setiawan dan Prof Sudjito. (

0 Comments