PT IPI: Gerindra, Nasdem, Golkar dan PPP Andalkan Kader di Pilgub Sulsel 2024

UJARAN.MAKASSAR – Perhelatan Pemilihan Gubernur (pilgub) Sulsel baru akan di gelar pada November 2024 mendatang, meski demikian gaung menghadapi pemilihan kepala daerah tersebut sudah mulai terasa saat ini.

Untuk maju di perhelatan pilgub 2024 para figur yang disebut akan meramaikan bursa pencalonan nanti harus mulai mendekati kendaraan politiknya, begitupun Partai Politik (parpol) harus mulai menyiapkan para jagoannya baik figur internal maupun eksternal. Lalu parpol apa saja yang terlihat paling siap menuju pilgub 2024 ?.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir menilai sejauh ini ada empat parpol paling siap menghadapi pilgub 2024 karena memiliki figur internal potensial untuk memenangkan pemilihan.

“Pertama Gerindra, partai besutan Prabowo ini memiiliki ketua DPD Sulsel Andi Iwan D Aras (AIA) yang sangat siap bertarung di pilgub 2024, AIA memiliki beberapa keunggulan menghadapi pilgub 2024 antara lain, AIA dijamin partainya, siap dengan cost politik, AIA memiliki Punya basis geopolitik yang rill. Dan tentu saja akan sangat di untungkan bila ketua umumnya, Prabowo Subianto terpilih menjadi Presiden RI di pilpres 2024 yang di helat bulan Februari. Hal tersebut membuat jalan AIA akan semakin mulus di pilgub.” Jelas Suwadi, Selasa 16/08/22.

Selain Gerindra, Partai Nasdem juga memiliki kader yang potensial untuk di dorong maju dalam pilgub, Rusdi Masse (RMS), Danny Pomanto (DP) serta Bupati Gowa Adnan IYL.

“Kedua, Nasdem, partai ini memiliki tiga figur internal yang berimbang kekuatannya yakni Rusdi Masse (RMS), Moh Ramdhan Pomanto (DP) dan Adnan Purichita ikhsan. Ketiga nya mempunyai basis pemilih yang jadi modal mereka, jadi DPP Nasdem tinggal menentukan siapa yang akan di usung diantara ketiga nya.” Lanjutnya

Ketiga Partai Golkar, Partai berlambang beringin ini memiliki dua figur internal yang bersaing, nama Taufan Pawe (TP) selaku ketua DPD Golkar Sulsel, dan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) cukup bersaing di internal Golkar karena mereka memiliki keunggulan untuk di usung dan bahkan bila keduanya di paketkan, akan membuat pilgub Sulsel menjadi lebih menarik.

“Dalam Golkar Sulsel ada nama TP dan IAS, keduanya merupakan kader golkar yang memiliki basis kekuatan yang bila digabungkan akan membuat pilgub makin seru nanti.” Ujar Suwadi

Parpol terakhir yang juga memiliki kader potensial Adalah PPP, partai berlambang Ka’bah mempunyai Amir Uskara (AU) sebagai figur kuat dan layak untuk di persiapkan pada pilgub 2024.

“AU memiliki basis suara yang rill dan juga tergolong siap dengan cost politiknya.” Sebutnya

PT IPi juga menilai, selain figur internal ke empat parpol tersebut, sejumlah nama eksternal juga layak diusung maju dalam pilgub Sulsel mendatang.

“Beberapa figur Eksternal bisa di jadikan Alternatif Gerindra, Nasdem, Golkar, PPP, seperti Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, Andi Sudirman Sulaiman hingga mantan Mentan RI Andi Amran Sulaiman.” Pungkas Suwadi. (AS/*)

0 Comments