Pangdam XIV Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, IAS Dan NH Figur Potensial Gubernur Sulsel

UJARAN.MAKASSAR – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2024 mendatang diprediksi bakal bertabur tokoh, meski tahapan pilgub masih 2 tahun lagi sejumlah nama besar yang disebut bakal maju mulai terlihat memasang alat peraga sebagai tanda pengenalan bahwa akan mencalonkan diri.

Selain Nama Nurdin Halid, Ilham Arief Sirajuddin (IAS), Andi Sudirman Sulaiman, Andi Iwan Aras dan Adnan Puritcha IYL. Nama Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV Hasanuddin Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki juga merupakan tokoh yang diperhitungkan dalam pilgub Sulsel mendatang.

Menurut CEO PT Duta Politik Indonesia PT DPI Dedi Alamsyah Mannaroi, Masuknya nama Andi Muhammad yang merupakan cucu Raja Bone ke 32 Andi Mappanyukki dan cicit langsung raja Gowa sebagai tokoh potensial dalam pilgub mendatang akan membuat pemilihan semakin menarik, pasalnya latar belakang sebagai militer membuat warna tersendiri di hati para pemilih Sulsel.

“Nama Pangdam Andi Muhammad sangat layak diperhitungkan dalam pilgub, selain berlatar militer yang terkenal disiplin, beliau juga cucu pejuang nasional asal Bone,Gowa dan tentu memiliki modal suara yang signifikan kedepannya, secara geopolitik beliau punya peluang besar menang” Ucap Dedy

Selanjutnya kata Dedy, bila benar Nurdin Halid dan Ilham Arif Sirajuddin (IAS) menyatu dalam pilgub maka tak dipungkiri akan menjadi sebuah kekuatan yang sangat besar di Sulsel, mengingat kedua nama tersebut merupakan tokoh yang sudah memiliki tabungan suara dalam setidaknya 2 pilgub sebelumnya.

“Berkaca pada pilgub sebelumnya, kala IAS maju di 2013 dan berhasil mendulang 1,7 juta lebih suara sedang NH yang maju ditahun 2018 mendapat 1,1 juta lebih suara, akan menjadi satu kekuatan besar di Sulsel bila keduanya benar akan menyatu nanti.” Kata Konsultan Politik ini

Sedang untuk Adnan IYL dan Andi Iwan Aras juga memiliki kans besar dalam pilgub Sulsel 2024 mendatang, Adnan yang juga Bupati Gowa 2 priode serta nama besar SYL Gubernur Sulsel 2 priode yang nota bene paman dari Adnan juga menciptakan magnet bagi para pemilih.

“Begitupun nama Adnan dan Andi Iwan Aras, kedua tokoh sulsel ini merupakan figur layak dimata para pemilih utamanya voters usia pemula dan tradisional, jadi bukan tidak mungkin keduanya bakal meraih suara signifikan bila benar akan maju.” Tambah Dedy

Meski diatas kertas sejumlah nama tersebut memiliki kans besar, mereka masih terus melakukan sosialisasi ke masyarakat guna meraih simpati.

“Meski punya nama mereka tetap harus rajin sosialisasi turun ke masyarakat serta tetap mempertahankan lumbung suara mereka dengan aktif bersentuhan langsung,” Pungkasnya. (AS)

0 Comments