KKN-PK Unhas Angkatan 62 Waekeccee Sosialisasikan Pentingnya Imunisasi dan Pencegahan LBP

UJARAN.BONE – Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN-PK) Universitas Hasanuddin Angkatan ke-62 Posko Desa Waekeccee Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone melakukan sosialisasi akan pentingnya Imunisasi dan pencegahan serta penanganan Low Back Pain (LBP) atau lebih dikenal dengan nyeri punggung bawah. Sosialisasi tersebut sebagai rangkaian kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan di Aula PKK Desa Waekeccee, Kamis (04/08/2022).

Maria A. Catherina Revina mengatakan bahwa
imunisasi yang dibutuhkan oleh anak mencakup imunisasi dasar dan lanjutan.

“Imunisasi dasar saja tidak cukup karena ada beberapa imunisasi yang hanya memberikan perlindungan maksimal apabila diberikan beberapa kali,” katanya.

Maria pun menyarankan agar orang tua rutin membawa anaknya ke posyandu atau faskes terdekat untuk mendapat imunisasi secara berkala.

“Bukan hanya itu, anak juga perlu dipantau tumbuh kembangnya di faskes terdekat untuk deteksi dini gangguan pertumbuhan, perkembangan dan mental emosional anak,” saran Mahasiswa Pendidikan Dokter Umum tersebut dihadapan ibu-ibu peserta.

Sementara itu, Alya Lutfiah Maharani yang merupakan mahasiswi jurusan Ilmu Gizi juga
menyampaikan pentingnya gizi seimbang terutama ibu balita yang harus memperhatikan dan menjaga kesehatan fisik.

“Salah satu keluhan fisik yang paling umum di kalangan ibu balita adalah low back pain atau nyeri punggung bawah. LBP dapat disebabkan oleh postur tubuh yang buruk pada saat melakukan pekerjaan rumah tangga,” tuturnya.

Alya memberikan tips untuk mencegah hal tersebut kepada para ibu-ibu untuk mengetahui posisi ergonomis yang baik dan benar dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

“Nyeri punggung bawah dapat ditangani dengan melakukan peregangan dengan gerakan-gerakan sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah,” tutupnya.

Para peserta pun sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan menjawab lembaran pretest yang dibagikan para mahasiswi. Dari pemaparan ini pula disampaikan slogan 4 sehat 5 sempurna telah berganti menjadi Gizi Seimbang.

Bagi warga yang ingin mengetahui program kerja atau kegiatan lainnya KKN-PK Unhas ke-62 tahun 2022 khususnya di Waekeccee dapat memantau di akun instagram @kknpk62_waekeccee, begitupula posko lainnya.

Dilansir dari fanpage Universitas Hasanuddin sebanyak 666 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN-PK) Angkatan ke-62 yang melakukan pengabdian di dua lokasi yakni Kabupaten Bone dan Kabupaten Luwu Timur.

KKN-PK angkatan 62 melibatkan 666 peserta yang berasal dari 9 program studi kesehatan di Unhas yakni Pendidikan Dokter, Psikologi, Kedokteran Hewan, Ilmu Keperawatan, Fisioterapi, Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat, Farmasi dan Kedokteran Gigi yang akan melakukan pengabdian selama kurang lebih empat minggu lamanya. (SK)

0 Comments