Nurul Ainun Muchsira, Siswi SDN 2 Batu Wakili Sulsel di OSN-SD Tahun 2022

UJARAN.SIDRAP – Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) kembali mengirim satu siswanya mewakili Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti Olimpiade Sains Nasional-Sekolah Dasar (OSN-SD ) Tahun 2022. Namanya Nurul Ainun Muchsira, siswi UPT SD Negeri 2 Batu, Desa Leppangeng, Kecamatan Pitu Riase.

Nurul mengikuti OSN-SD yang dilaksanakan Puspresnas Kemendikbud Ristek RI via daring, 21 dan 22 Juni 2022 lalu. Selanjutnya, Ia akan mewakili Sulawesi Selatan pada bidang IPA, bersama salah satu siswa asal Kota Makassar, 2 sampai 3 Agustus 2022 mendatang.

“Alhamdulillah, kami bangga atas apa yang telah dicapai ananda Ainun saat ini,” kata Fatmawati, guru pembimbing Ainun, saat dihubungi Selasa (12/7/2022).

Ia juga mengungkap, keberhasilan Ainun mewakili Sulsel dilalui dengan perjuangan. Di antaranya jarak rumahnya dengan lokasi seleksi lomba yakni SDN 3 Batu yang cukup jauh, serta jaringan internet yang mengandalkan layanan wifi pihak ketiga.

Diceritakan Fatmawati, sebelum simulasi, sempat terjadi mati lampu sehingga akses internet wifi terputus. Mereka pun berinisiatif ke lokasi yang lebih tinggi mencari jaringan untuk mendownload soal-soal. “Alhamdulillah sebelum simulasi dimulai lampu menyala dan akhirnya Ananda ainun bisa ikut simulasi,” bebernya.

Fatmawati tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu Ainun untuk berkompetisi hingga ke tingkat nasional.

“Buat orang tua Ainum terima kasih atas bimbingannya selama ini. Saya bisa melihat sendiri seperti apa perjuangan kalian, mohon terus dibantu, dibina, dan dibimbing, serta doa ta’ yang paling utama. Kepada masyarakat Sidrap, mohon doa ta ‘semua, semoga ananda Nurul Ainun bisa menjadi juara di tingkat nasional,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidenreng Rappang, Irma Fitriani, mengapresiasi capaian Nurul Ainun Muchsira.

“Terima kasih kepada orang tua, guru, pihak sekolah dalam hal ini SD Negeri 2 Batu dan lainnya yang senantiasa memberikan dukungan,” katanya.

Keberhasilan Nurul, kata Irma, menunjukkan bahwa talenta terbaik dapat tumbuh dari mana pun. “Ini yang harus kita jaga dan bina demi perkembangan dunia pendidikan di Sidenreng Rappang,” katanya.

Ia menitip pesan kepada Nurul agar jangan menjadikan kendala yang ada sebagai beban, tapi jadikan sebagai proses pembelajaran, proses tumbuh. “Selamat karena telah membanggakan kami, mengharumkan nama Sidenreng Rappang dan Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga selanjutnya membanggakan Indonesia,” pungkas Irma.(win)

0 Comments