Lembaga Pendidikan Non Formal Gelar ANBK PKBM di Kabupaten Polman

UJARAN.POLMAN – Tingkatkan Mutu Pendidikan, Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Lembaga Pendidikan Non Formal, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Polewali Mandar, Senin (18/07/2022).

Menurut UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 12 Pendidikan Non Formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Ada berbagai lembaga yang berfokus kepada pendidikan nonformal salah satunya adalah PKBM.

Lembaga ini merupakan salah satu lembaga nonformal yang berorientasi kepada pendidikan kesetaraan atau paket. Lembaga ini menyediakan semacam jasa Ujian Kesetaraan (setara sekolah formal) atau yang biasa disebut Ujian Paket. Lembaga itu biasanya ada di setiap kota. Ada PKBM negeri (milik pemerintah), ada juga PKBM swasta.

Assesemen Nasional Berbasis Komputer yang dilakukan kali ini merupakan upaya peningkatan mutu lembaga pendidikan nonformal terutama di lingkup wilayah Kabupaten Polewali Mandar.

“Assesmen Nasional mesti kita lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan juga memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar para peserta didik,” ungkap Kabid Paud dan Dikmas Disdikbud disela-sela sambutannya.

“Tujuan assesmen untuk ini adalah untuk memotret input, proses, dan output pembelajaran seluruh Pkbm kabupaten Polman,” tambahnya.

Beberapa lembaga pendidikan nonformal yang ikut pada assesmen kali ini diantaranya yakni, PKBM Putra Kembar, PKBM Siamasei, PKBM Tomadio dari Kecamatan Campalagian dan masih banyak lagi PKBM dari berbagai kecamatan di Kab. Polman.

Menurut informasi yang diterima, ada sekitar 98 PKBM yang menghadiri Assesmen (Anbk) kali ini dengan perwakilan pengurus PKBM sebanyak 200 orang yang hadir.

Assesmen yang dilakukan untuk lembaga pendidikan Nonformal Kab. Polman kali ini terdiri dari tiga jenis yaitu asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning). (Red)

0 Comments