Komputer/CPU Bermasalah, Polres Polman Berlakukan SIM Sementara

UJARAN.POLMAN – Terhitung hampir sebulan, Polres Polman Berlakukan SIM sementara disebabkan Komputer dan CPU mengalami gangguan.

Sim (Surat Izin Mengemudi) merupakan kelengkapan berkendara yang mesti dimiliki oleh masyarakat indonesia sebagai pengendara roda 2, 4 dan yang lainnya serta sudah memasuki usia wajib untuk mendapatkan sim.

Salah satu tempat pengurusan Sim di Provinsi Sulawesi Barat ialah Kantor Polres di Kabupaten Polman tepatnya ruangan satpas Polres Polman yang merupakan unsur pelaksana Kepolisian Republik Indonesia di bidang lalu lintas dan bertugas memberikan pelayanan dan penerbitan Sim untuk masyarakat.

Sim yang diterbitkan dari kantor satpas kepolisian seluruh indonesia bisa digunakan dan wajib ada untuk keperluan dan kelengkapan berkendara. Hingga pekan ini, Senin (18/07/2022) Polres Polman masih memberlakukan Sim sementara untuk pembuatan sim baru dan perpanjangan sim.

Diketahui dari petugas satpas yang berjaga, perbaikan cpu dan komputer yang mengalami gangguan ini tidak boleh terburu-buru disebabkan data masyarakat sudah terlampau banyak didalamnya.

“Komputernya sudah mengalami gangguan selama seminggu, kita bisa saja ganti cpu tapi data-data masyarakat sudah banyak didalam makannya tunggu perbaikan saja,” ucap petugas dokpol yang menangani khusus tes psikologi untuk syarat pembuatan sim.

Beberapa tahap yang wajib dilakukan hingga sim sementara diberikan ialah, melaksanakan tes psikologi, tes kesehatan kemudian mengisi permohonan untuk penerbitan sim atau perpanjangan sim. mengisi form permohonan kita diarahkan untuk menuju ke petugas satpas yang khusus untuk menerima pembayaran pembuatan sim kemudian sehabis menyelesaikan administrasi maka kita akan diberikan sim sementara yang bisa digunakan sebagai kelengkapan berkendara.

“Fungsi Sim sementara ini sebenarnya sama dengan sim asli yang dicetak, hanya saja masa berlakunya sampai diterbitkannya Id Card Sim yang sah,” ungkap salah satu petugas Satpas Polres Polman yang bertugas membagi sim sementara.

“Apabila ada pemeriksaan di jalan maka boleh memperlihatkan sim sementara ini karena kita sudah berkordinasi dengan pihak-pihak yang bertugas,” tambahnya. (Red)

0 Comments