Mahasiswa KKN Tematik Angkatan 69 UMI Makassar Sosialisasi dan Pengadaan Ikan Nila

UJARAN.MAKASSAR – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Angkatan 69 Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar sosialisasi dan pengadaan ikan Nila yang bertempat di Kelurahan Gantarangkeke, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Jum’at (03/06/2022).

Penyuluhan ikan nila merupakan salah satu program kerja (PROKER) yang dirancang melalui Seminar Proker dengan tujuan membuka usaha baru bagi masyarakat Gantarangkeke yang mayoritasnya adalah Petani dengan beberapa kerja sampingan lain yakni membuka lahan perikanan untuk mencukupi kebutuhan dalam menunjang kehidupan.

Kordinator Desa (Kordes) Muh. Azwar mengungkap bahwa Program sosialisasi dan pengadaan bibit ikan nila berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang usaha ternak ikan dengan tujuan bahwa masyarakat tidak lagi hanya mendapatkan penghasilan dari kebun, tetapi ada penghasilan lain yang dapat mendorong kemajuan masyarakat

“Sosialisasi dan pengadaan bibit ikan di sini biar masyarakat tidak hanya berpatokan pada hasil kebun, jadi bagaimana caranya kita dapat memberikan solusi agar mendapatkan penghasilan tambahan,” ujar Azwar sapaan akrabnya

Memberikan 1000 bibit ikan kepada beberapa anggota kelompok tani yang di sepakati bersama dalam rapat kelompok mahasiswa KKN yang bertempat di kelurahan Gantarangkeke dengan cara membuat proposal untuk bantuan bibit ikan.

“1000 bibit ikan ini kami bagikan kepada beberapa anggota kelompok tani, bibit ikan itu kami dapatkan dengan memasukkan proposal kepada balai benih dan dinas perikanan dan bibit ikan itu kami dapatkan dari Balai Benih Ikan Rapoa,” tambahnya.

Kepala Lurah Gantarangkeke, Bapak Syamsuddin, SOS. Mengatakan bahwa dengan adanya program sosialisasi dan pengadaan bibit ikan, masyarakat semakin sadar dan maju tentang pentingnya pemberdayaan ikan air tawar yang dapat mendorong kemajuan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam yang ada di Gantarangkeke.

“Dengan adanya anak-anak mahasiswa KKN UMI ini masyarakat bisa terbantu dan tahu bahwa seperti ini tata cara pengelolaan ikan yang baik, dan saya sangat bersyukur kepada anak KKN Tematik UMI angkatan 69 karena dapat membantu perekonomian masyarakat terutama dalam pekerja perikanan. Harapannya kedepan Budi daya perikanan dapat membuahkan hasil dan menjadi sumber penghasilan juga bagi masyarakat Gantarangkeke,” tutupnya. (Red/As)

0 Comments