Memanfaatkan Media Sosial Untuk Berjualan

Foto: Jualan yang akan dipublikasikan di media sosial.

UJARAN.INFO – Kemajuan ilmu teknologi dibuktikan dengan keberadaan internet yang memudahkan orang untuk berkomunikasi namun, saat ini fungsi internet tidak hanya untuk komunikasi saja tetapi juga ikut memunculkan fenomena baru di masyarakat yaitu transaksi jual beli barang maupun jasa.

Kebutuhan manusia memang semakin meningkat seiring perkembangan zaman, ditambah lagi sifat manusia yang tidak akan pernah puas atas apa yang telah dimiliki. Menurut Nurzakiya salah satu warga yang menggunakan media sosial untuk berjualan mengatakan, berjualan online dapat memudahkan urusan jual beli masyarakat selain itu, berjualan online juga tak memerlukan tenaga esktra untuk berjualan di toko setiap harinya, berbeda dengan berjualan secara online yang hanya memerlukan skill pemasaran di media sosial.

Perilaku belanja masyarakat sudah mulai mengalami perubahan, dari transaksi dengan datang langsung ke toko yang dituju sekarang sudah beralih ke transaksi online. Tak hanya di kota-kota besar, sekarang fenomena onlineshop bahkan sudah merambah hingga ke kabupaten, misalnya saja Kabupaten Sinjai. Belanja online dapat diakses dengan mudah menggunakan komputer dan handphone. Pengakuan salah satu pedagang angkringan mengungkapkan bahwa berbelanja online memang sangat praktis namun, tingkat penipuan di onilneshop juga sangat tinggi. Belanja online ataupun belanja langsung di toko sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Perubahan cara belanja dikalangan masyarakat ini mengubah dari yang semula belanja secara verbal, sekarang hanya dengan berdiam di rumah serta memanfaatkan smartphone. Dengan kemudahan belanja online membuat fenomena ini semakin marak dikalangan masyarakat, karena lebih hemat waktu dan lebih mudah dalam memilih banyak barang dalam satu waktu.

Kemunculan onlineshop semakin menjadi-jadi dizaman pandemi covid-19. Masyarakat yang melihat peluang besar dengan berjualan di media sosial akhirnya mencoba ikut menjajal dunia jual beli melalui internet. Salah satu ahli, dosen ekonomi menyatakan bahwa berbelanja online tak hanya menguntungkan si penjual namun juga menguntungkan si pembeli karena tak perlu lagi keluar rumah.

Selain itu, keuntungan pedagang onlineshop mereka bekerjanya santai atau enjoy, mereka bisa bekerja sambil mengerjakan rutinitas yang lain, yang kedua mereka tidak lagi membutuhkan tenaga yang banyak untuk memasarkan barang dagangannya. Meski memiliki berbagai keuntungan, onlineshop juga memiliki kerugian, yaitu mereka harus betul-betul menyesuaikan barang yang mereka posting dengan realita karena akan mengakibatkan kerugian berupa protes dari pembeli.

Dengan banyaknya keuntungan yang diberikan dari onlineshop, semakin menguatkan fenomena belanja online dikalangan msyarakat. Namun tetap saja, masyarakat seharusnya tak boleh lupa kalau disekitar kita terdapat pedagang angkringan yang juga menyediakan berbagai kebutuhan kita sehari-hari. Berbelanja langsung di toko secara tidak langsung membuat kita mendukung UMKM.
Kemunculan onlineshop membuat pedagang-pedagang angkringan sedikit terlupakan.

Belum sampai ke tahap yang merugikan memang, akan tetapi jika dimasa yang akan datang masyarakat lebih memilih untuk berbelanja online maka pedagang angkringan tidak akan memiliki tempat dihati masyarakat, ditambah dengan sifat masyarakat yang selalu menginginkan hal instan. Sama halnya dengan onlineshop, toko angkringan juga meiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungan pedagang angkringan, mereka bisa secara langsung menyalurkan barang dagangannya kepada konsumen tanpa harus menyewa kurir misalnya untuk mengantarkan barang yang dipesan oleh si pembeli. Sedangkan kerugiannya yaitu, barang dagangan mereka yang kurang laku jika situasi tidak mendukung misalnya cuaca yang buruk atau yang lain.

Merajalelanya onlineshop dikalangan masyarakat menjadi tantangan tersendiri bagi para pedagang angkringan. Mereka harus bisa memutar otak agar tak kalah saing dengan para pelaku onlineshop. Boleh-boleh saja berbelanja online jika memang itu dapat memudahkan kita, tetapi perlu diingat bahwa disekitar kita masih sangat banyak penjual angkringan yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, dengan kita berbelanja disana kita juga secara tidak langsung membantu mereka memenuhi kebutuhan perekonomian mereka, tidak perlu cari yang jauh kalau masih ada yang dekat. Pedagang angkringan juga harus bisa membuat masyarakat tertarik dengan mencari cara kreatif dalam memasarkan barang-barang jualannya.

Penulis: Fathiha Tun Ihwana (Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar)

0 Comments