Hari Kebudayaan Kota Makassar Akan Diramaikan Tari Gandrang Bulo Seribu Lorong

UJARAN.MAKASSAR – Dinas Kebudayaan Makassar mulai menyiapkan berbagai agenda kegiatan untuk memperingati Hari Kebudayaan ke-4 yang jatuh pada 1 April 2022, mendatang.

Mengangkat tema ‘Warna-Warni Budaya Makassar’, Hari Kebudayaan tahun ini juga akan diramaikan dengan atraksi tari gandrang bulo di seribu lorong secara serentak.

Sekretaris Dinas Kebudayaan Makassar, Amelia Malik mengatakan atraksi tari gandrang bulo seribu lorong akan melibatkan kurang lebih 20 ribu anak-anak.

Kegiatan ini menyasar lorong wisata. Selain untuk melestarikan tarian khas Sulawesi Selatan, juga untuk memperkenalkan lorong wisata program unggulan Pemkot Makassar.

“Kita berharap ini bisa memecahkan rekor karena 20 ribu anak nanti akan melakukan atraksi tari gandrang bulo,” ujar Amelia usai Rapat Persiapan Hari Kebudayaan, di Ruang Sipakatau Kantor Balai Kota Makassar, Jumat (25/3/2022).

Untuk mencapai target seribu lorong, lanjut Amelia, berdasarkan hasil rapat setiap kelurahan akan menyiapkan tujuh lorong. Setiap lorong, ada kurang lebih sepuluh anak yang akan melakukan tari gandrang bulo.

“Serentak atraksi tari gandrang bulo di lorong wisata, di tambah dengan SD baik negeri maupun swasta. Jadi setelah upacara, mereka juga melakukan atraksi tari gandrang bulo,” papar dia.

Selain atraksi gandrang bulo dan upacara Hari Kebudayaan, beberapa rangkaian kegiatan lainnya yakni lomba karya busana karnaval, carnaval day, drama musikal, dan bulan budaya.

“Tentunya dengan Makassar menuju kota metaverse di moment Hari Kebudayaan ini kita berharap nanti masyarakat sudah bisa mengakses by phone untuk bisa merayakan Hari Kebudayaan,” ungkap Amelia.

0 Comments