Pentingnya Berinteraksi Sosial

UJARAN.OPINI – Salam sejahtera untuk kita semua, kali ini saya akan menceritakan kenapa sih berinteraksi sosial itu penting? tentunya banyak yang menjadi sebab dan akibatnya.

Namun sebelum itu perkenalkan nama saya Fauzi Rusdi mahasiswa semester 3 Jurusan Bimbingan Dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Usluhuddin Dan Komunikasi Islam ( FUKIS) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, seorang mahasiswa yang terjun langsung di kalangan pemuda walaupun masih tahap awal dalam pengembangan, saya lahir di kalangan sosial menengah tepatnya di Desa Sanjai, Kecamatn Sinjai Timur, sebuah perkampungan yang padat dan masyarakat yang terbilang aman, namun masih masuk dalam garis keras sosial yang membuatnya tumbuh dan berkembang agak keras kepala tapi berkat pendidikan yang baik saya mampu menjadi lebih baik seiiring berjalannya waktu dan cukup banyak juga organisasi yang telah saya geluti sehingga perkembangan psikis dan pikirannya juga mulai berubah.

Lanjut ke pembahasan, Manusia tentunya tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain oleh karena itu manusia di katakan mahluk sosial yang dalam aktivitas kehidupannya butuh orang lain, pernahkah kita bayangkan kalau di dunia ini kita cuman hidup sendiri, pasti kesepian kan? namun dilain sis ada sebagian orang yang butuh sepi untuk berpikir, yang butuh sepi untuk merenung, tapi itu kita butuhkan hanya sesaat, selebihnya kita butuh orang lain untuk menjalani aktivitas kehidupan.

Biasanya kesepian terjadi di sebabkan oleh pikiran kita sendiri bahkan di situasi ramai pun kita sering mengalami sepi, bahkan saya pribadi sering juga mengalami hal itu, teman aku pernah bertanya, Fauzi kok nggak seperti biasanya? aku jawab saja tidak tau juga tiba-tiba merasa sepi padahal aku merasa tidak ada masalah.

Dalam berinteraksi dengan sesama mahluk terkhususnya manusia tentu ada hal-hal yang harus kita perhatikan jangan sampai apa yang kita ungkapkan dan apa yang kita lakukan bisa saja menyinggung hati atau perasaan orang lain. Tentu akan timbul konflik dan masalah jika hal itu terjadi, salah satu hal yg harus kita lakukan untuk menghindari hal tersebut terjadi adalah kita harus paham situasi dan kondisi lawan interaksi kita, misalnya saja teman kita lagi badmood (perasaan lagi buruk) karna di putusin pacarnya, lalu kita tiba-tiba datang menertawakan dia, menghujat dia tentu perasaan teman kita marah dan terkadang ada juga teman yang seperti itu, tapi bagi yang sudah akrab mungkin hal itu dianggap biasa namun kalau belum akrab jangan coba-coba bisa jadi di tonjok kita hehehe.

Selain dari itu pentingnya juga menjalin keakraban dalam berinteraksi adalah hal yang utama supaya rasa cinta, aman dan kasih selalu tercipta layaknya sebuah hubungan romantis saya hehehe. Sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah SAW. ummatnya untuk selalu menjaga silaturahmi jangan sampai terputus dan timbul kesenjangan makanya silaturahmi harus tetap terjalin, seperti aku dan orang tua kamu pokoknya harus akrab.

Ada juga beberapa kendala yang sering dialami ketika kita sedang berinteraksi salah satunya adalah sering mengalami insecure (merasa tidak aman) atau kurang percaya diri. hal ini biasanya menjadi kendala utama orang-orang kurang minat untuk berinteraksi membangun relasi padahal membangun rasa percaya diri sangat mudah dan ada beberapa tips dari saya untuk meningkatkan rasa percaya diri antara lain:
-Menjaga penampilan
Sering kali kita merasa kurang percaya diri karna penampilan kita yang tidak sesuai misalnya saja nih acara pesta kita menggunakan outfit olahraga,nggak nyambung banget kan dan kita kurang percaya diri pastinya makanya penampilan di sesuaikan yah untuk meningkatkan rasa percaya diri.
-Meningkatkan pengetahuan dan skiil
Salah satu hal yg jarang di perhatikan oleh kebanyakan orang sih kalau sebenarnya dengan meningkatkan skiil dan pengetahuan dapat menambah rasa percaya diri kita,nggak perlu semua bidang,satu bidang aja dulu kalau bisa semuanya lebih bagus lagi supaya menambah rasa percaya diri kita dan tentunya juga menunjang untuk karir.

Masih banyak sebenarnya hal-hal yang perlu di perhatikan ketika kita ingin berinteraksi sosial tapi kali ini saya cuman memberikan hal-hal yang menurut saya penting saja dan sering saya lakukan ketika berinteraksi sosial, nah itu tadi yang paling penting dalam berinteraksi adalah harus paham situasi dan kondisi tidak lupa pula tentunya harus menjalin keakraban supaya hidup juga lebih bermakna, jangan lupa perhatikan hal-hal seperti menjaga penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri.

Saya rasa untuk saat ini cukup sampai disini dulu sedikit tips dan trik dalam berinteraksi sosialsemoga bermanfaat! (Red/Acc)

0 Comments