Partisipasi Pemuda dan Masyarakat Dalam Membangun Peradaban Desa

Foto Awal Firmansyah

UJARAN.COM – Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa yang diharapkan, diperlukan partisipasi seluruh masyarakat sebagai pelaku pembangunan. Oleh karena itu kesadaran dan peran aktif masyarakat merupakan salah satu kunci pembangunan. Melalui partisipasi masyarakat dalam berbagai tindakan bersama melalui aktivitas lokal telah terjadi proses belajar sosial yang kemudian dapat meningkatkan kapasitas masyarakat untuk berpartisipasi secara baik dalam tindakan bersama dan aktivitas lokal berikutnya.


Maka dari pada itu dalam menjaga suatu kearifan lokal di desa dan menjaga tutur sejarah apa yang menjadi warisan dari nenek moyang , perlu kita embang dan saling merangkul untuk mewakafkan diri di desa guna untuk membangun peradaban yang lebih baik. Partisipasi pemuda dan seluruh masyarakat akan menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan pembangunan dilain pihak juga dikatakan bahwa pembangunan berhasil kalau dapat meningkatkan kapasitas masyarakat termasuk dalam berpartisipasi. Salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan juga merupakan pencerminan, bahwa dalam pembangunan masyarakat lebih memberikan fokus perhatian pada aspek manusia dan masyarakatnya bukan semata-mata pada fisik materil.


Mewakili pemuda desa balakia Ada berbagai macam sektoral yang perlu kita fikirkan dalam membangun peradaban desa, yang pertama kita fikirkan ekonomi masyarakat dataran tinggi pada wilayah pertanian,
kedua pembangunan akses jalan, ketiga destinasi wisata dengan melihat keindahan alam yang terpancar di jakat raya ini.


Keempat pendidikan yang baik, perlu difikirkan bahwa untuk mengurangi pernikahan dini melihat realitas yang terjadi itu kurang tersentuhnya pendidikan maka perlu kita berikan edukasi pada totalitas sistem kehidupan
Maka daripada it dalam pembangunan desa perlu partisipasi pemuda dan masyarakat, meliputi semua aspek kehidupan fisik, mental, kecerdasan, moral, tatanan nilai dan norma dalam meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan.


Oleh : Awal Firmansyah, Pemuda Kelurahan Balakia

Editor : Kasmir

0 Comments