Literasi Beragama Workshop: Penerapan Jurnalisme Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama

UJARANCOM - FDK UIN ALAUDDIN MAKASSAR menjadi medium pendidikan literasi dari workshop yang mengangkat tema penting, "Penerapan Jurnalisme Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama", Senin, 20 Mei 2024.

Acara ini dimeriahkan oleh kehadiran moderator Agus Suwandi, S.Sos., K.Ikom., serta dua pemateri utama, Prof. Dr. Normah Mustaffa dari Universiti Kebangsaan Malaysia, dan Haidir Fitra Siagian, S.Sos., M.Si., PhD. dari UIN Alauddin Makassar.

Prof. Dr. Normah Mustaffa, yang telah berkunjung beberapa kali ke UIN Alauddin Makassar, kembali memberikan wawasan berharga bersama stafnya. Dalam sesinya, beliau menekankan bahwa jurnalisme Islam harus mengikuti nilai-nilai Islam seperti keadilan, kejujuran, dan etika. Fokus pada moderasi agama, toleransi, dan kerukunan antar agama, serta pentingnya informasi yang tepat dan benar, serta memperhatikan etika dan kesantunan dalam menyampaikan informasi.

Sementara itu, Haidir Fitra Siagian, S.Sos., M.Si., PhD., menyampaikan materi tentang moderasi beragama. Menurutnya, moderasi beragama adalah pendekatan yang menekankan keseimbangan, toleransi, dan penolakan terhadap ekstremisme. Tujuannya adalah menciptakan masyarakat yang harmonis dan damai, di mana keragaman agama dianggap sebagai kekayaan yang memperkaya kehidupan bersama.

Acara berlangsung selama sekitar 4 jam dan dihadiri oleh sebagian dosen fakultas dakwah dan komunikasi, serta mahasiswa dari jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Jurusan Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar. Antusiasme mahasiswa terhadap materi yang disampaikan oleh kedua narasumber tersebut sangat terlihat.

Dengan diakhiri penutupan sesi dan pertanyaan dari peserta, workshop ini memberikan ruang bagi pemahaman yang lebih dalam mengenai penerapan jurnalisme Islam dan pentingnya moderasi beragama dalam konteks yang semakin kompleks ini. (Red/***)

0 Comments