Dosen Kalla Institute Diseminasi Hasil Penelitian dan PKM, Prof. Sukardi Weda: Harus Ada Kolaborasi

UJARAN.MAKASSAR - LPPM ITB Kalla (Kalla Institute) Mengadakan Diseminasi Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di lt. 6 Kampus Kalla Institute, NIPAH Park, pada Jumat, (10/3/2023).

Diseminasi hasil penelitian dan PKM tersebut dihadiri oleh Prof Dr Sukardi Weda, yang juga Wakil Rektor III Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Andi Tenri Pada, SE MSc, yang juga Ketua LPPM Kalla Institute, para Ketua Program Studi, dan para dosen peneliti dan pengabdi.

Dalam sambutannya, Andi Tenri Pada menyampaikan bahwa harapan dari institusi adalah sebaran informasi dan kesempatan untuk melakukan riset secara berkolaborasi. Semoga melalui penelitian ini menjadi input untuk pengabdian para peneliti.

Prof Dr Sukardi Weda, dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian mengamini apa yang dikatakan oleh Ketua LPPM Kalla Institute, Andi Tenri Pada, bahwa kita harus berkolaborasi dalam melakukan penelitian.

"Hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan jangan hanya sampai pada laporan saja, tetapi harus dibuat artikelnya lalu disubmit ke jurnal untuk dipublikasi, syukur-syukur kalau dapat terpublish pada jurnal nasional terindeks Sinta atau pada jurnal internasional," ujarnya.

Melalui wadah penelitian ini, para dosen Kalla Institute juga dapat melakulan kolaborasi, berupa joint research dan joint publication dengan para dosen atau peneliti dari perguruan tinggi lain, ujarnya.

Pada diseminasi yang digelar kali ini, ada 7 orang peneliti dan pengabdi yang mendiseminasikan hasil penelitian dan pengabdiannya.

Adapun judul - judul penelitian dan PKM yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Pelatihan Design Thinking and Innovation Sebagai Tools Berpikir Inovatif-Solutif kepada Karyawan Kalla Group
2. Consumer Green Purchase in New Normal Condition of The Covid-19 Pandemic
3. Model Partisipasi Pemberdayaan Masyarakat
dalam Pengelolaan Desa Wisata untuk Menunjang Sustainable Economy di Era Post Covid-19
4. Media Pembelajaran berbasis AR, Studi Kasus: Mata Pelajaran Fisika Besaran dan Satuan
5. Smart Garden berbasis IoT menggunakan protokol MQTT dengan Aplikasi adafruit.io
6. Strategi dan bentuk manajemen biaya dalam upaya sustainable kedai kopi pada masa pandemi covid-19
7. Perancangan Aplikasi Parenting dalam Pemberian Tugas dan Reward Untuk Anak
8. Intensi Pembelian Hijau (Green Purchasing): Kerangka teori sosialisasi konsumen dan Peran moderasi kebutuhan akan keunikan. (Red)

0 Comments