Pik-R Palipi Soreang Gelar Pemilihan Duta GenRe Desa

UJARAN.MAJENE- Salah satu program unggulan BKKBN adalah Generasi Berencana (GenRe), sebuah program yang memanfaatkan para generasi remaja untuk turut serta mengatur perencanaan yang baik dalam hidup mereka yang dibagi kedalam 3 sektor usia, Berani (10-14 tahun), Beraksi (15-19 Tahun) dan kolaborasi (20-24 Tahun).

Salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan dalam GenRe adalah melakukan Pemilihan Duta GenRe yang biasanya pelaksanaan pemilihannya mulai dari tingkat Kabupaten sampai Nasional.

Namun Pik-R Palipi Soreang sebagai bagian dari GenRe, melaksanakan pemilihan tingkat Desa Palipi Soreang.

Malam Grand Final yang dilaksanakan pada Rabu, 25 Januari 2023 turut dihadiri oleh Perwakilan BKKBN Sulbar, DPPKB Majene, Pemerintah Desa Palipi Soreang beserta dgn jajaran, Ketua TP PKK Desa Palipi Soreang dan puluhan remaja Desa Palipi Soreang.

Bertempat di Aula kantor Desa kegiatan tersebut berjalan sederhana namun elegant.
Kain Hitam dan putih berpadu dengan kerlap kerlip lampu hias dengan lantai bewarna biru.

Agung izzulhaq menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini sangat bisa terlaksana karena bantuan yang luar biasa dari Pemerintah Desa Palipi Soreang dalam hal ini kepala Desa Palipi Soreang.

Sejalan dengan itu, Ketua PIK-R Palipi Soreang Rini Damayanti menyinggung bawah semangat dari pelaksanaan kegiatan ini adalah menemukan bibit unggul selanjutnya yang tidak hanya berjiwa kompetisi tetapi juga dapat menjadi penyebar virus positif di lingkungan mereka masing-masing.

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera DPPKB Majene yang dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilihan Duta GenRe Desa yang dilaksanakan PIK R Palipi Soreang adalah yang pertama di Majene dan Sulawesi Barat.

Perwakilan dari BKKBN Sulawesi Barat Dan Sumarno yang juga Kabid KS, melanjutkan apa yang disampaikan oleh Kabid KS DPPKB Majene, “sependek pengetahuan saya mungkin pelaksanaan seperti ini yang pertama di Indonesia, pemilihan Duta GenRe tingkat Desa, dan ini harus kita apresiasi secara penuh,” ujaranya.

Kepala Desa Palipi Soreang Wardin Wahid, menyinggung bahwa persoalan stunting yang menjadi tugas rumah kita bersama terlebih Sulawesi Barat saat ini menjadi rangking 1 terkait dengan kondisi Stunting.

“Permasalahan ini tidak bisa hanya diselesaikan oleh Kepala Desa, harus seluruh stakeholder saling bergandeng tangan termasuk masyarakat, mohon kerjasamanya semua. Dan tolong seluruh orang tua menjadi pendamping perencanaan yang terbaik bagi anak-anak mereka untuk daerah yang lebih baik kedepannya,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan Pildugen tingkat Desa Palipi Soreang tersebut, yang meraih juara 1 adalah Rifki Satria, juara 2 Nurul Insani, juara 3 Ahmad Maulana, kategori Inspiratif Nadya Safitri, kategori Favorite Ahmad Mudassir. (Red)

0 Comments