Mahasiswa Magang MMI Gelar Webinar, "Existence Journalism on Social Media"

UJARAN.GOWA – Mahasiswa magang PT. Mangathara Media Indonesia (MMI) gelar Webinar dengan mengangkat Tema “Existence Journalism on Social Media” yang dilaksanakan melalui Zoom, Rabu (18/01/2023).

Diketahui mahasiswa magang tersebut merupakan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang berjumlah 4 orang

Pada kegiatan Webinar kali ini menghadirkan 2 Narasumber yakni Muhammad Taufik selaku Dosen Mata Kuliah Jounalism di UIN Alauddin Makassar dan Kasmirullah selaku Wartawan Ujaran

Pada pemaparan materinya Muhammad Taufik menjelaskan betapa berkembang pemberitaan dimasa sekarang ini

“Jadi kita bisa merasakan bagaimana pesatnya perkembangan dunia jurnalis saat ini dimana media cetak, diantaranya koran mengalami perosotan dari tahun ke tahun dengan adanya media online ini,” ujarnya.

Sementara itu kasmirullah dalam materinya menjelaskan bahwa perkembangan teknologi merupakan tantangan tersendiri dalam dunia jurnalis

“Perkembangan teknologi menjadi tantangan tersendiri dalam dunia jurnalisme. Pasalnya, untuk eksis di media sosial. Jurnalistik harus berperang melawan algoritma,” tuturnya.

“Algoritma yang diprogram untuk terus mengikuti keinginan pengguna media sosial sangat bertentangan dengan kewajiban jurnalis yang diharuskan untuk menyajikan informasi yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu Direktur Utama PT Mangathara Media Indonesia (MMI) saat dimintai keterangan menjelaskan bahwasanya ia sangat terbuka bagi adik-adik mahasiswa yang ingin melaksanakan magang di MMI

“Kami sangat mengapresiasi terhadap inisiasi dari adik mahasiswa magang melaksanakan Webinar ini, dan kami juga terbuka terhadap mahasiswa yang akan melaksanakan magang baik itu dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris maupun jurusan-jurusan lain, dan saya berharap kedepannya kami bisa bekerjasama lebih lanjut terhadap perkembangan SDM,” ungkapnya.

Sekedar diketahui bahwasanya PT. Mangathara Media Indonesia membawahi 2 (dua) media antara lain Ujaran.co.id dan Knews.co.id. (Red)

0 Comments