PSM Hut Ke 107, Yasir Machmud Doakan Klub Andalan Sulsel Jadi Juara

UJARAN.SULSEL – Tepat tanggal 2 November 2022 klub sepak bola kesayangan dan andalan masyarakat Sulawesi Selatan PSM Makassar merayakan hari jadinya yang ke 107 tahun, ucapan selamat serta doa pun mengalir untuk tim yang berjuluk juku eja dan Ayam Jantan Dari timur.

Ucapan serta doa pun datang dari Ketua Umum Koni Sulawesi Selatan Yasir Machmud, melalui pesan chatnya, dia mendoakan agar tim kesayangan dan andalan Sulsel tersebut dapat menjadi juara dalam liga sepak bola nasional.

“Selamat ulang tahun PSM Team Andalan masyarakat sulsel sukses selalu dan jadilah juara.” Ucap Yasir Machmud, Rabu (02/11).

Ketua Umum Koni Sulsel ini juga berharap kedepannya banyak bibit pemain lokal yang bisa bermain untuk PSM, pasalnya menurut Yasir Machmud Sulawesi Selatan banyak melahirkan pemain top yang selama ini beprestasi dalam kancah nasional bahkan internasional.

“Saya berharap makin banyak pemain lokal sulsel yang menjadi andalan tim PSM Makassar, dan dapat mengharumkan nama Sulsel di level nasional dan bahkan internasional.” Tambahnya

PSM Makassar merupakan klub sepak bola tertua di Indonesia. Dalam catatan sejarah, perjalanan PSM dimulai pada 2 November 1915 saat pemerintah Hindia Belanda menduduki Makassar.

Dikutip dalam buku Satu Abad PSM Mengukir Sejarah karya M Dahlan Abubakar dan A Widya Syadzwina, sejarah awal berdirinya PSM dimulai saat Hindia Belanda menjadikan Makassar sebagai pusat pemerintahan di Indonesia Timur.

Kala itu, Makassar terkenal dengan nama Bandar Makassar, pusat pelabuhan Indonesia. Berbagai kapal asing menjadikan Bandar Makassar sebagai pusat pelayaran mereka, sementara kapal-kapal domestik menjadikan Bandar Makassar sebagai tempat persinggahan menjual rempah-rempah dan hasil buminya ke kapal-kapal asing.

Kegiatan yang bertaraf internasional itu pun ikut mempengaruhi masyarakat Makassar mengenal olahraga sepak bola yang sangat digandrungi di seluruh dunia. Tepat tanggal 2 November 1915 resmi berdiri sebuah klub sepak bola di Makassar bernama Makassaarsche Voetbal Bond (MVB) yang kemudian di belakang hari menjelma menjadi PSM Makassar.(*)

0 Comments