Memiliki Desain yang Unik, Masjid Agung Sultan Alauddin Disiapkan Jadi Destinasi Wisata Religi

UJARAN.GOWA – Masjid Agung Sultan Alauddin terletak di area kampus II UIN Alauddin Makassar, Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Masjid ini dibangun dan difungsikan untuk kegiatan beribadah.

Mesjid Agung Sultan Alauddin Makassar diresmikan pada tanggal 9 Juni 2021 tersebut memiliki 3 ciri khas dalam bangunannya. yaitu ciri islam, kedua ciri budaya lokal dan yang ketiga ciri moderen.
Dari segi bangunan, masjid ini termasuk sangat unik, dilihat dari atapnya yang berbeda dengan bangunan masjid lain. Keindahan arsitektur bangunan itu sangat bagus dipandang.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Hawsah bertepatan di depan Masjid Agung Sultan Alauddin Makassar, yang merupakan salah satu mahasiswi dari jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Alauddin Makassar.

“Awalnya saya mengira bangunan tersebut adalah pusat seni, karena arsitekturnya yang unik untuk sebuah Masjid,” tuturnya.

Masjid Agung Sultan Alauddin ini memiliki daya tampung yang sangat banyak, dengan bentuknya yang unik dan posisinya yang sangat strategis. Masjid Agung bukan hanya difungsikan sebagai kegiatan beribadah tetapi juga sebagai laboratorium dakwah, sarana belajar mengajar dan sebagai pusat kajian keislaman, bahkan juga sebagai destinasi wisata religi.

Ciri khas inilah yang dijadikan sebagai daya tarik oleh pihak kampus II UIN Alauddin Makassar untuk menjadikan Masjid Agung Sultan Alauddin sebagai wisata spiritual karena menjadi salah satu masjid terbesar, dan menjadi salah satu masjid terkeren di Sulawesi Selatan. (Red)

Penulis : Sumiati

0 Comments