Jembatan Penghubung 2 Desa Rusak Parah, Warga Pertanyakan Janji Bupati Sinjai

UJARAN.SINJAI – Jembatan gantungan yang merupakan penghubung Desa Terasa dengan Desa Turungan Baji, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, kini kondisinya memprihatinkan akibat rusak parah dan membahayakan bagi warga yang melintasinya, Minggu (02/10/2022).

Pasalnya Jembatan gantung tersebut aktif dilewati oleh warga setempat dan menjadi akses paling alternatif dan menjadi akses satu-satunya dalam memasarkan hasil pertanian mereka.

Diantaranya komoditas Cangkeh, Caocao, Beras serta hasil produksi Gula Areng dan hasil bumi lainnya.

Selain itu, jembatan tersebut merupakan akses terdekat pengunjug saat berwisata ke air terjun Laliako yang terletak di Dusun Tonrong.

Namun, salah satu warga Dusun Tonrong, Desa Terasa menceritakan keadaan terkini Jembatan gantung Soppeng-Tonrong yang sudah parah.

“Parah sekali lagi sekarang kondisinya padahal baru-baru sudah direnovasi sama masyarakat setempat secara swadaya,” ungkap Syamsul, melalui via whatsapp.

Ia menambahkan jika saat ini jembatan gantung sudah semakin parah, sehingga itu butuh perbaikan oleh pemerintah.

“Sebagian kayunya diganti karena sudah rusak, tapi sekarang semakin parah kondisinya dan belum ada perhatian pemerintah setempat apalagi pemerintah Daerah (Bupati) karna janjinya akan membangun kembali kalau dirinya terpilih menjadi bupati saat mencalonkan sebagai calon bupati,” tambahnya

Sebelumnya jembatan tersebut pernah mendapatkan perbaikan oleh pemerintah Desa, namun anggaran Desanya terbatas sehingga tidak cukup untuk mengganti semua kayunya, itupun menurutnya sudah lama.

“Pernah dianggarkan menggunakan APB-Des tapi lamami saya lupa tahun berapa, karena anggaran terbatas jadi tidak diganti semua kayunya, jadi belakangan setiap tahun diperbaiki sama warga setempat secara swadaya termasuk mengganti sebagian kayunya yang dianggap brapuh dan membahayakan bagi warga,” ujar Syamsul

Syamsul Berharap kedepan ada pembangunan jembatan di daerahnya.

“Semoga kedepan pemerintah daerah bisa membangun jembatan agar warga setempat merasa aman saat melintasinya termasuk bagi pengunjung wisata Laliako yang ada di Sini,” harap Syamsul. (Red)

0 Comments