HMJ Prodi Pendidikan Biologi FKIP Unismuh Makassar Kembali Laksanakan Webinar Nasional

UJARAN.MAKASSAR – Salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, yakni Webinar Nasional Himabio 2022 yang dilaksanakan pada Minggu (14/08/2022).

Kegiatan ini mengangkat tema “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kemampuan Literasi di Era 5.0 “ Webinar itu mendapat antusias tinggi dari para peserta, dosen, hingga pemateri.

Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah partisipan yang bergabung pada media zoom Webinar Nasional Himabio 2022 dengan rincian yakni total peserta 299 Orang , 67 panitia mahasiswa S1 Pendidikan Biologi 2019-2022, Serta dihadiri oleh beberapa dosen serta dua orang sebagai pembicara dan satu orang sebagai moderator.

Menurut Farid selaku ketua pelaksana, webinar itu merupakan salah satu upaya branding untuk memperkenalkan Kurikulum Merdeka Belajar secara luas.

“Ilmu pengetahuan yang didapatkan dari para narasumber akan sangat berguna untuk peserta, hingga kami yang bernotabene sebagai mahasiswa Unismuh Makassar itu sendiri. Selain pengetahuan di bidang akademik, softskill seperti teamwork dan problem solving dapat kami asah dan tingkatkan selama menjabat kepanitian Webnas ini,” ucap Farid

Kaprodi menambahkan, alasan di balik tema kurikulum Merdeka yang menjadi highlight pada webnas 2022 adalah proses pembelajaran akan lebih maksimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensinya.

“Tujuan webinar pada tahun ini untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan guru. Selama ini, pendidikan di Indonesia lebih menekankan kepada aspek pengetahuan dengan begitu kurikulum merdeka belajar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri dimana kita melihat pada era sekarang ini,” imbuh Kaprodi.

“Harapan kami untuk acara Webinar Nasional Himabio 2022 yakni bisa menjadi ajang bagi para peserta untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas dirinya sebagai Pendidik yang berkompeten di dunia keprofesian,” ujarnya.

“Alhamdulillah acara webinar kali ini juga didukung oleh pemateri ekspert di bidangnya sehingga antusiasme dari peserta sangat baik sekali. Semoga acara Webinar Nasional ini bisa terus dilaksanakan di tahun yang akan datang dengan pemateri yang berkualitas juga,” tutur Abdul sebagai Ketua Himabio 2021-2022. (Red)

0 Comments