Mahasiswa Sukses Laksanakan Enlite Fest, Kajur BSI: Upaya Promoting Old Literary Works

Foto Ketua Jurusan (Kajur) Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

UJARAN.GOWA – Prodi Bahasa dan Sastra Inggris (BSI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) angkatan 2019 melaksanakan The 2nd Enlite Fest dengan tema “Digital Literature on The Virtual Stage,” yang dibuka untuk umum secara virtual, Sabtu (03/07/21).


Saat dihubungi oleh wartawan Ujaran.co.id, Ketua Jurusan (Kajur) BSI UINAM, Djumharia Jamereng mengatakan bahwa Enlite Fest merupakan wadah bagi mahasiswa BSI untuk menuangkan ide dan kreativitas.


“Kegiatan Enlite Festival adalah kegiatan yang memberikan manfaat bagi mahasiswa dimana kegiatan ini sebagai wadah untuk menuangkan ide-ide dan kreativitas dalam bentuk kesenian. Mahasiswa bisa mengekspresikan dan mengaktualisasikan kemampuan mereka dalam karya seni. Jadi bukan hanya fokus dalam satu karya seni saja tapi bisa mencakup bentuk-bentuk karya seni lainnya seperti puisi, seni tari dan bentuk seni lainnya,” tururnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga menjadi upaya mempromosikan karya sastra lama.

“Selanjutnya pertunjukan seni juga secara tidak langsung memberikan manfaat untuk bisa mengenali karya-karya sastra yang berasal dari luar, khususnya English Literary Works, sesuai dengan mata kuliah yang ada dalam kurikulum jurusan BSI. Akan tetapi pementasan seni dalam kegiatan ini bukan hanya mengambil karya-karya sastra yang berasal dari luar, tetapi juga memberi perhatian pada karya-karya sastra lokal sehingga juga bisa menjadi upaya promoting old literary works (karya sastra),” jelasnya.

Lebih lanjut, Djumharia juga menuturkan harapannya agar kegiatan tersebut terus berlanjut.

“Saya, harap kegiatan ini akan tetap dilaksanakan secara berkelanjutan agar menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengekspresikan diri secara positif,” pungkasnya.


Diketahui, dua rangkaian kegiatan dari kegiatan tersebut, antara lain Webinar Nasional dan Virtual Show telah terlaksana hari ini sedangkan dua rangkaian lainnya, yaitu Drama Performance dan Audio Drama akan dilaksanakan pada hari Minggu (04/07/21).

Penulis : Kasmir

0 Comments