Malam Ini Tol Layang Makassar Bisa Digunakan, Gratis!

Foto: Tol Layang AP Pettarani Makassar.

UJARAN.MAKASSAR – Direktur Utama Makassar Metro Network, Anwar Toha selaku pengelola tol layang AP Pettarani, Kota Makassar menyebutkan, jalan tol sepanjang 4,3 kilometer itu sudah bisa dimanfaatkan pada Kamis (18/3/21) malam ini secara gratis.

Anwar mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memberlakukan tarif sebab Surat Ketetapan terkait penyesuaian tarif untuk tol layang Pettarani belum dia terima. Tarif baru akan diberlakukan pada awal April 2021 nanti.

“Jadi sebentar malam ini adalah bagaimana menggratiskan dulu sampai kira-kira tanggal 2 April. Tanggal 3 sudah berlaku penyesuaian tarif baru. Itu kira-kira yang bisa kita lakukan,” ujarnya saat peresmian tol layang AP Pettarani, Kamis (18/3) siang tadi.

Hal itu juga dibenarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono saat menghadiri peresmian Tol Layang AP Pettarani Makassar.

“Jadi kita tidak ada sosialisasi, mungkin biasanya seminggu free lalu nanti dioperasikan dengan baik. Semuanya sudah ada SK-nya,” kata Basuki.

Ruas jalan tol layang yang mulai dibangun sejak April 2018 ini, lanjut Basuki, diharapkan menjadi solusi kemacetan di Kota Makassar. Masyarakat yang datang dari arah Bandara Sultan Hasanuddin menuju arah Selatan Kota Makassar bisa menggunakan jalan ini.

Basuki juga mengakui bahwa pembangunan tol layang kerap menimbulkan kemacetan. Namun itu semua akan terbayarkan dengan rampungnya tol layang tersebut.

“Pada saat pembangunan pasti ada penderitaan, apakah debunya, kemacetannya tapi sekarang kalau sudah jadi pasti kenikmatan. Jadi memang di balik penderitaan pasti ada kenikmatan. Ini salah satu contoh,” ujar Basuki.

Untuk informasi, jalan ini sudah rampung sejak Oktober 2020 lalu. Sejak saat itu, tol layang AP Pettarani sudah beberapa kali dijadwalkan akan diresmikan namun berkali-kali batal. (red/pensa)

0 Comments