Dukung Asta Cita! Telkom Dorong Talenta Digital Indonesia Lewat DigiUp, Digistar, dan Innovillage

 Dalam upaya mempercepat transformasi digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkomitmen mencetak talenta digital Indonesia yang berdaya saing global. Melalui tiga program unggulan, yakni DigiUp, Digistar, dan Innovillage, Telkom berperan aktif dalam meningkatkan keterampilan generasi muda di bidang teknologi digital.
UJARAN.CO.ID, Jakarta – Dalam upaya mempercepat transformasi digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkomitmen mencetak talenta digital Indonesia yang berdaya saing global. Melalui tiga program unggulan, yakni DigiUp, Digistar, dan Innovillage, Telkom berperan aktif dalam meningkatkan keterampilan generasi muda di bidang teknologi digital.

VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko menegaskan bahwa pengembangan sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam menghadapi era digital. "Kami optimis bahwa inisiatif ini dapat membantu mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, dengan menciptakan talenta digital kompeten yang siap bersaing di industri global," ujarnya.

Saat ini, Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta tenaga kerja digital untuk mendukung transformasi industri. Untuk menjawab tantangan tersebut, Telkom DigiUp hadir sebagai solusi dengan menyediakan sertifikasi digital skill berstandar global secara gratis bagi siswa SMA/SMK dan sederajat di seluruh Indonesia.

Program DigiUp mencakup 11 pelatihan digital skill yang sangat dibutuhkan industri, seperti Web Programmer (React JS), Cyber Security Officer, Fullstack Web Developer (Python Django), hingga Digital Marketing. Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikasi resmi yang meningkatkan peluang mereka di dunia kerja.

Selain itu, Telkom juga menghadirkan Digistar Class, program mentoring intensif bagi mahasiswa untuk meningkatkan hard skill dan soft skill yang relevan dengan dunia industri. Tahun 2024, sebanyak 500 mahasiswa terpilih dari 12.176 pendaftar telah mengikuti program ini dengan bimbingan dari 100 mentor top talent TelkomGroup.

Program Digistar Class dibagi dalam tiga tahapan utama, yakni Learn, Grow, dan Contribute. Mahasiswa tidak hanya belajar keterampilan teknis, tetapi juga mendapatkan pengalaman praktik langsung serta kesempatan berkontribusi dalam proyek digital nyata.

Lebih lanjut, Telkom juga mengembangkan Innovillage, sebuah kompetisi sociopreneurship berbasis teknologi digital yang diperuntukkan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Program ini mengajak generasi muda untuk menciptakan solusi digital yang berdampak pada masyarakat, sejalan dengan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs).

Seluruh program ini merupakan bagian dari implementasi prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) Telkom, khususnya dalam aspek sosial untuk mendukung pengelolaan sumber daya manusia yang berkelanjutan. Dengan ekosistem yang kuat, Telkom memastikan bahwa talenta digital Indonesia dapat berkembang dan berkontribusi secara nyata.

“Telkom terus menghadirkan program yang membuka peluang serta memperkuat peran generasi muda dalam pembangunan digital nasional,” tutup Andri Herawan Sasoko.

0 Comments