Andi Edwar Terpilih, Ketua SC Muscab HIPMI Sinjai Beberkan Fakta Fakta Persidangan

Malik Zain, Steering Committe Muscab VII BPC HIPMI Sinjai

UJARAN - Pemilihan Ketua Umum BPC HIPMI Sinjai pada Muscab VII yang di gelar di Jalan Persatuan Raya Gedung Pertemuan, Sinjai menuai banyak polemik. Ada yang sebut deadlock, ricuh dan hasil Muscab yang kini menetapkan Andi Edwar Saputra sebagai Ketua Umum terpilih BPC HIPMI Sinjai.

Malik Zain, selaku Ketua Steering Committe (SC) membeberkan fakta-fakta persidangan sebagai pimpinan Sidang di Muscab tersebut. Fakta pertama, persidangan dilakukan sesuai aturan organisasi.

“Saya sampaikan fakta persidangan, bahwa semua proses persidangan telah berjalan sesuai aturan, tata tertib dan agenda acara, penyampaian visi misi dan penetapan calon ketua umum,” ujarnya. Senin (30/10/23).

Fakta kedua, pada saat penetapan Calon Ketua Umum, forum alot dan menimbulkan beragam pendapat. Hingga menurut Malik, PIC BPD Sulsel mengusulkan untuk dilakukan mediasi memecah kebuntuan (Deadlock).

“SC, Panitia dan peserta forum bersepakat dimediasi atas permintaan PIC BPD, tim dari dua Caketum juga hadir, ada video dan rekaman suara” ujar Malik.

Fakta ketiga, informasi yang menyatakan bahwa PIC menarik diri dari lokasi Muscab tidak dibantah juga tidak dibenarkan olehnya. Sebab, mau menarik diri atau melakukan hal lain itu diluar dari kontrolnya sebagai SC.

“Itu bukan dalam kapasitas saya menjawab, inti mereka hadir dalam muscab dan atas pemintaannya dilakukan mediasi. BPD sendiri bilang kalau upaya melakukan mediasi ini tidak jadi, kita tetap lanjutkan persidangan. Kalau Caketum dan PIC menarik diri itu diluar dari tanggunga jawab kami yang jelas kami menyelesaikan agenda persidangan untuk menjaga marwah Muscab,” ujar Malik merinci proses tersebut.

Ketika ditanya soal informasi, bahwa diduga salah satu bakal calon dipersoalkan soal administrasi persyaratannya, yang ditenggarai tidak memiliki sertifikat Diklatcab atau sejenisnya sebagai persyaratan maju sebagai calon Ketua Umum. Malik Zain membeberkan Fakta sebaliknya yang disampaikan oleh Mantan Sekum BPC HIPMI dua periode, La Tanzi.

“Tahapannya sudah dilaksanakan oleh penitia pemilihan, telah melakukan verifikasi secara administrasi dan mengkonfirmasi ke panitia pelaksana dan itu dibenarkan panitia bahwa Andi Edwar mengikuti Diklatcab di BPC Takalar,” ujarnya.

Isu yang beredar bahwa BPD HIMPI Sulawesi selatan melalui Rachmat Setiawan selaku PIC BPD HIPMI Sulsel untuk Muscab BPC HIPMI Sinjai akan menjadwal ulang Muscab dan tidak mengakui proses Muscab yang diselesaikan Malik Zain bersama peserta forum. Ia berpendapat tidak seharusnya BPD Sulsel terlalu mencampuri internal BPC HIPMI Sinjai yang tugasnya hanya mendampingi.

“Intinya kalau kami ini forumnya BPC HIPMI Sinjai, dan BPD hanya mendampingi proses Muscab. Kalau BPD Melalukukan hal demikian diluar agenda Muscab kami tidak bisa campuri. Yang pasti SC dan Peserta Muscab BPC HIPMI Sinjai menyelesaikan agenda persidangan,” ujarnya.

Fakta selanjutnya, Malik Zain enggan berkomentar lebih jauh soal kabar PIC BPD HIPMI Sulsel yang menarik diri dari proses Muscab. Inti Miscab bagi malik yang diamanahkan sebagai SC adalah menyelasailan proses Muscab hingga selesai.

“Yang pasti kalau untuk menarik diri saya tidak bisa campuri, yang pasti bahwa agenda persidangan kami kawal. Awalnya kami semua bersama-sama sejak awal, untuk lebih lanjut kita konfirmasi ke yang bersangkutan,” ujarnya.

Sikap PIC BPD HIPMI Sulsel

Sebelumnya, informasi soal PIC BPD HIPMI Sulsel menarik diri meninggalkan arena Muscab di sampaikan langsung oleh Rachmat Setiawan. Berikut informasi yang diterima ujaran dari Rachmat, Senin (30/10/23) dinihari soal sikap PIC pada masa Muscab berlangsung.

Keputusan PIC BPD HIPMI Sulsel, yang beredar berisi kurang lebih seperti berikut:

Keputusan PIC BPD HIPMI Sulsel
1. PIC BPD HIPMI SulSel menarik diri dalam Muscab BPC HIPMI SINJAI pada awal pleno ke-4
2. Situasi yang tidak kondusif saat setelah proses mediasi yg dilakukan oleh PIC membuat BPD memutuskan untuk TIDAK MELANJUTKAN MUSCAB BPD HIPMI Sinjai (deadlock)
3. Segala sesuatu yang dilanjutkan dalam forum menjadi diiluar tanggung jawab dari BPD HIPMI SULSEL
4. Muscab BPC HIPMI SINJAI dianggap ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan dan diserahkan ke BPD HIPMI SULSEL
PIC BPD HIPMI SULSEL

0 Comments