Mahasiswa UNM Lolos Pendanaan PKM-PI, Ciptakan Inovasi Teknologi Palang Pintu Otomatis Bebas Macet

UJARANCOM - Universitas Negeri Makassar berhasil meraih pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa sebanyak 78 proposal. Salah satu yang berhasil memperoleh pendanaan yaitu TIM PKM-PI dengan judul "Fast Respond Barrier Gate berbasis Positioning System".

Novera Baytikhalishah selaku ketua tim mengatakan bahwa teknologi yang mereka buat berangkat dari permsalahan kemacetan antrian kendaraan pada akses masuk dan keluar palang pintu juga berhubungan dengan masalah yang mitra hadapi. CV. STWOR selaku mitra merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan penyedia palang pintu otomatis yang sudah berhasil melayani segmen pasar seperti sekolah, dan perkantoran. Namun dalam implementasinya, mitra memilliki kendala dan masalah karena sistem palang pintu otomatis yang mereka miliki belum mampu mengatasi masalah kemacetan pada akses palang pintu. Mitra menggunakan sistem palang pintu berbasis RFID dengan teknik Tapping Card pada layanannya untuk mengakses palang pintu dan melakukan pembayaran. Kemacetan yang terjadi diakibatkan oleh kendaraan yang akan mengakses palang pintu harus terlebih dahulu berhenti dan saling menunggu untuk melakukan tapping card dan pembayaran sebelum akhirnya melewati palang pintu.

"Teknologi yang tim kami buat dan terapkan pada layanan mitra memiliki keunggulan dibanding teknologi seblumnya yang mitra gunakan. kami menggunakan sistem pembacaan jarak dan posisi dengan memanfaatkan teknologi mikrokontroler ESP32 UWB yang memiliki akurasi tinggi untuk pembacaan jarak dan posisi. Dalam implementasinya, kami membuat 2 jenis perangkat yaitu perangkat Anchor (membaca posisi dan membuka barrier) yang diletakkan pada palang pintu dan perangkat Tag (mengirim data posisi ke Anchor) yang dibawa oleh pengendara. Pengendara tidak perlu berhenti, namun hanya menurunkan laju kendaraan, kemudian pada jarak tertentu (bisa diatur nilainya) pengendara yang membawa tag, palang pintu dapat terbuka secara otomatis juga sekaligus pembayaran dilakukan secara otomatis." Tuturnya.

Arif Hidayat selaku wakil direktur CV.STWOR juga telah memberikan tanggapan dan testimoni yang baik, serta menjamin keberlangsungan kerja sama kedepannya untuk terus mengembangkan sistem palang pintu yang dapat mengatasi kemacetan antrian di depan palang pintu akses

"Inovasi ini merupakan inovasi yang sangat baik, yang dimana kami sendiri pun sangat antusias untuk menerapkan inovasi ini, kenapa, karena selama ini kami menggunakan sistem tapping yang membutuhkan waktu selama 10 detik untuk menyelesaikan proses, dengan adanya alat ini kami dapat menyelesaikan dalam waktu 2 detik. Dan CV.STWOR sendiri pun juga sangat antusias untuk bekerjasama dalam masalah pengembangan serta manufakturing selanjutnya." Ucapnya.

Tim berharap inovasi teknologi yang mereka buat dan kembangkan kedepannya akan memberikan dampak yang luas bukan hanya bagi mitra tapi bagi permasalahan kemcatan palang pintu yang kerap terjadi di Indonesia. Dengan adanya kegiatan PKM yang menjadi wadah bagi mahasiswa berkreativitas,TIM PKM-PI Universitas Negeri Makassar berhasil membuat solusi dengan menerapkan tenologi palang pintu otomatis dengan respon cepat yang bebas macet.

0 Comments