Mata Garuda Amerika Menyelenggarakan "Sukseskan Karir Anda" di New York

UJARAN.NEW YORK - Mata Garuda Amerika, sebuah organisasi yang berfokus pada pengembangan karir dan pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat, telah berhasil menyelenggarakan acara “Sukseskan Karir Anda” pada tanggal 18 Maret 2023 di KJRI New York. Acara ini berhasil menyedot perhatian 151 peserta dari berbagai wilayah di Amerika Serikat dengan mayoritas audience adalah penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Acara ini dibuka secara langsung oleh Bapak Winanto Adi selaku Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York dan Bapak Rosan Roeslani selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat. Dalam pembukaannya, Bapak Winanto Adi menekankan agar mahasiswa Indonesia di luar negeri dapat memaksimal kesempatan sebaik-baiknya. Selain itu, Bapak Rosan Roeslani pun sangat mendukung acara Sukseskan Karir Anda tidak hanya sebagai sarana untuk mengejar kesempatan karir terbaik namun juga menjalin networking sekaligus tetap mengedepankan semangat berkontribusi ke Indonesia.

Sebelum sesi Plenary Discussion, para peserta menyaksikan video Welcoming Remarks dari Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Sri Mulyani Indrawati dengan pesan utama yang beliau sampaikan di berbagai kesempatan, agar para awardee LPDP dapat menjadi bagian dari solusi bagi negeri dan agar jangan lelah mencintai negeri kita. Selain dari Menteri Keuangan Republik Indonesia, para peserta juga mendapatkan arahan dari Direktur LPDP , Bapak Andin Hadiyanto, dengan muatan pesan yang sejalan. Beliau juga menambahkan informasi terkait kesempatan bagi para mahasiswa LPDP di luar negeri yang tertarik untuk menjalankan kegiatan internship di negara studi selama setahun sebelum kembali ke Indonesia.

Pada acara ini, para peserta juga berkesempatan untuk mendengarkan diskusi menarik dari beberapa narasumber ternama, di antaranya Wempi Saputra (Executive Director World Bank Group), Yodi Herzaman (General Manager BRI New York), dan Novalia Pishesha (Co-Founder and CEO Cerberus Therapeutics). Para narasumber membahas topik krusial dalam karir, yaitu Critical and Strategic Thinking. Para peserta pun banyak memberikan tanggapan positif mengenai paparan yang disampaikan oleh para narasumber tersebut.

Setelah sesi Plenary Discussion, para peserta berkesempatan untuk berinteraksi dalam Networking Session yang dihadiri oleh para profesional yang berkarir di lembaga internasional dan perusahaan ternama Indonesia seperti United Nations, World Bank Group, Bank Rakyat Indonesia, dan Paragon Corp. Para peserta memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mempelajari tips dan trik mencari pekerjaan di lembaga-lembaga tersebut dari para profesional yang sudah berpengalaman.

Acara Sukseskan Karir Anda juga berhasil mempererat jaringan antar-awardee LPDP di Amerika Serikat dengan pemaparan tentang peluang karir di beberapa perusahaan terkemuka. Para peserta antusias dalam menjalin jaringan dengan sesama awardee dan mendiskusikan topik-topik terkait peluang kerja.

Zainal Abidin, Graduate Student di Johns Hopkins University (MS Energy Policy & Climate) sekaligus sebagai Presiden Mata Garuda Amerika, menegaskan bahwa acara ini bertujuan untuk menjadi katalis bagi mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat, khususnya para penerima beasiswa LPDP untuk dapat mengejar karir terbaik sambil tetap berkontribusi untuk Indonesia. 

“Kami sadar bahwa amanah rakyat Indonesia sangat besar di pundak kami para awardee LPDP untuk segera berkontribusi ke Indonesia. Sehingga acara ini merupakan salah satu ikhtiar kami untuk segera menunaikan amanah tersebut dengan mendekatkan kesempatan berkarir di lembaga internasional (sebagai perwakilan Indonesia) maupun di beberapa perusahaan ternama di Indonesia," ujarnya.

Beliau juga sangat mengapresiasi Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York dan Bank Rakyat Indonesia yang menjadi sponsor utama keberhasilan acara ini. (Red)

0 Comments