Kenali Bahaya Merokok Sebelum Nyesal Masuk Rumah Sakit

UJARANCOM, MAKASSAR - Merokok adalah salah satu faktor risiko utama kematian dan penyakit di dunia. Setiap tahun, lebih dari 7 juta orang meninggal akibat merokok, termasuk lebih dari 890.000 orang yang tidak merokok tetapi terpapar asap rokok.

Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia, termasuk lebih dari 70 karsinogen yang diketahui. Karsinogen adalah zat yang dapat menyebabkan kanker. Asap rokok dapat merusak hampir semua organ tubuh, termasuk paru-paru, jantung, otak, mulut, tenggorokan, lambung, pankreas, kandung kemih, dan leher rahim.

Dikuti dari berbagai referensi, beberapa bahaya merokok bagi tubuh yang paling serius meliputi:

Kanker paru-paru 
Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru. Kanker paru-paru adalah kanker yang paling mematikan di dunia, baik pada pria maupun wanita.

Penyakit jantung
Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke. Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di dunia.

Stroke
Merokok meningkatkan risiko stroke. Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah ke otak terhambat atau berhenti, yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan kematian.

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
PPOK adalah penyakit paru-paru yang menyebabkan sesak napas. PPOK adalah penyebab kematian nomor tiga di dunia.

Kanker mulut
Merokok meningkatkan risiko kanker mulut, termasuk kanker lidah, bibir, dan tenggorokan.

Kanker tenggorokan
Merokok meningkatkan risiko kanker tenggorokan. Kanker tenggorokan adalah kanker yang terjadi di tenggorokan, yang menghubungkan mulut ke kerongkongan.

Kanker lambung 
Merokok meningkatkan risiko kanker lambung. Kanker lambung adalah kanker yang terjadi di lambung, yang merupakan organ yang mencerna makanan.

Kanker pankreas
Merokok meningkatkan risiko kanker pankreas. Kanker pankreas adalah kanker yang terjadi di pankreas, yang merupakan organ yang menghasilkan enzim pencernaan.

Kanker kandung kemih 
Merokok meningkatkan risiko kanker kandung kemih. Kanker kandung kemih adalah kanker yang terjadi di kandung kemih, yang merupakan organ yang menyimpan urin.

Kanker leher rahim
Merokok meningkatkan risiko kanker leher rahim pada wanita. Kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada leher rahim, yang merupakan bagian bawah rahim yang menghubungkan rahim ke vagina.

Merokok juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti:
Gangguan kesuburan
Keguguran
Lahir mati
Penyakit gusi
Penuaan dini
Penurunan fungsi paru-paru
Gangguan penglihatan
Gangguan pendengaran
Gangguan mood
Depresi
Kecemasan
Gangguan tidur

Jika Anda merokok, berhentilah sekarang juga. Berhenti merokok adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda berhenti merokok, seperti konseling, obat-obatan, dan kelompok pendukung.

Berhenti merokok tidak akan mudah, tetapi itu sangat bermanfaat. Dalam waktu 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah Anda akan turun. Dalam waktu 12 jam, kadar karbon monoksida dalam darah Anda akan kembali normal. Dalam waktu 2 minggu hingga 3 bulan, denyut jantung dan pernapasan Anda akan membaik. Dalam waktu 1 hingga 9 bulan, kemampuan Anda untuk berolahraga akan meningkat. Dalam waktu 1 hingga 2 tahun, risiko serangan jantung Anda akan berkurang setengahnya. Dalam waktu 5 tahun, risiko stroke Anda akan berkurang sepertiganya.

Jika Anda ingin berhenti merokok, jangan ragu untuk meminta bantuan. Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda. Berhenti merokok adalah salah satu keputusan terbaik yang dapat Anda buat untuk kesehatan Anda. (*)

0 Comments