Direktur Pascasarjana Unpacti Bentuk Lembaga PCC dan PDSC

Direktur Pascasarjana Unpacti Makassar

UJARAN - Program Pascasarjana Unpacti Makassar terus melakukan pembenahan dan pengembangan. Salah satu bentuk pembenahan dan pengembangan yang dilakukan adalah dengan dibentuknya Lembaga Non Struktural Program Pascasarjana.

Lembaga non struktural Pascasarjana Unpacti Makassar yang dibentuk, yakni Promotion and Cooperation Centre (PCC) dan Policy and Development Studies Centre (PDSC) berdiri atas persetujuan Rektor Unpacti Makassar melalui Surat No: 239/05.A/V/2024 pada tanggal 11 Mei 2024 dan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana No: .../KP/PPS.A/V/2024 tanggal 11 Mei 2024.

PCC dan PDSC Pascasarjana Unpacti Makassar dibentuk dengan tujuan untuk mendukung rencana strategis pengembangan Pascasarjana.

Sesuai dengan tujuan pembentukannya, PCC memiliki arah kerja, yakni:

1. Menyusun rencana strategi promosi

2. Melakukan promosi sesuai rencana yang disusun

3. Mempersiapkan dokumen administrasi penerimaan mahasiswa baru

4. Melakukan penerimaan mahasiswa baru

5. Menjalin mitra kerjasama penerimaan mahasiswa baru

6. Menjajaki mitra kerjasama Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sedangkan PDSC memiliki arah kerja, yakni:

1. Melakukan pengkajian rencana pengembangan potensi Pembukaan Program Studi Pascasarjana 

2. Melakukan pengkajian kebijakan strategis pengembangan Pascasarjana

3. Melakukan kegiatan pengembangan Tridharma Dosen dan penguatan tenaga Kependidikan pascasarjana

4. Merencakan dan melakukan kegiatan peningkatan kualitas mahasiswa berupa, seminar/pelatihan/workshop/bimtek

5. Membangun kerjasama pengkajian kebijakan dan penyusunan dokumen kebijakan pemerintahan daerah dan desa

Direktur Pancasarjana Unpacti Makassar, Dr. Anirwan yang diwawancarai disela-sela kegiatan pertemuan pembentukan lembaga Non Struktural Pancasarjana mengatakan bahwa untuk mendorong pengembagan Pascasarjana, maka dibutuhkan lembaga Non Struktural untuk mendukung pengembangannya.

"Ada dua lembaga yang dibentuk, yaitu PCC dan PDCS. Kedua lembaga tersebut dibentuk untuk menunjang pengembangan, kebijakan, promosi, dan kerjasama Pascasarjana kedepannya" ujarnya.

Lebih lanjut Dr. Anirwan mengatakan bahwa pada hari ini merupakan pertemuan bersama dengan kepengurusan lembaga PCC dan PDSC Pascasarjana untuk membahas langkah strategis sekaligus penyerahan SK masing-masing pengurus. 

"Alhamdulillah pada hari ini kita serahkan SK Kepengurusan lembaga PCC Pascasarjana yang diketuai oleh Dr. Erniwati dan PDSC Pascasarjana yang diketuai oleh Dr. Sumardi, sebagai legalitas kepengurusan lembaga tersebut untuk dapat melebarkan sayap pengembangannya" ucapnya, (13/05/2024).

Ia pun berharap kehadiran dua lembaga Pascasarjana tersebut dapat melahirkan ide dan gagasan pengembangan Pascasarjana maupun di masyarakat.

"Kita sangat berharap kehadiran lembaga ini yang merupakan kumpulan para Doktor dan calon Doktor Pancasakti dapat menghadirkan nuasa baru bagi pengembangan Pascasarjana. Akan tetapi, tdak hanya sampai disitu, kita juga sangat mengharapkan dapat berkontribusi pada masyarakat dan membangun relasi dan jaringan diluar kampus" harap Dr. Anirwan, Direktur Pascasarjana Unpacti Makassar.

Salah satu pengurus Lembaga Non Struktural Promotion and Cooperation Centre (PCC) Pascasarjana Unpacti Makassar yang juga merupakan Kepala Humas dan Kerjasama Pancasakti Makassar, Andi Kamaluddin, S.E.,M.M yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat dalam rangka menyamakan persepsi dan pandangan dalam mempromosikan Pascasarjana Unpacti melalui Program Kuliah Gratis dan Program Pemandu Calon Mahasiswa.  

"Program penerimaan mahasiswa Pascasarjana yang dilahirkan sangat logis dan wajar dalam upaya untuk merekrut calon mahasiswa S2 di Unpacti" ujar Andi Kamaluddin.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dengan ada Program Pascasarjana terkait penerimaan mahasiswa baru, maka kita akan massifkan sosialisasi dan promosi di berbagai daerah.

"Kita akan turun ke masyarakat di berbagai daerah untuk melakukan sosialisasi dan promosi agar masyarakat tahu dan punya keinginan untuk melanjutkan kuliahnya di Pascasarjana Unpacti, apalagi dengan adanya Program Kuliah Gratis dan Kepemanduan Pascasarjana Unpacti yang dapat meringankan beban biaya perkuliahan bagi mahasiswa" tutupnya.

0 Comments