Akibat Tumpahan Oli di Saluran Nipa-Nipa, IPA 3 Antang Sementara Waktu tidak Dioperasikan

UJARAN.MAKASSAR – Instalasi Pengelolaan Air Bersih (IPA) 3 Antang untuk sementara waktu tidak dioperasikan diakibatkan adanya tumpahan oli di saluran Intek Nipa – Nipa Kecamatan Manggala.

Dari keterangan Penjabat Direktur Utama Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar, Beni Iskandar menyampaikan, bahwa kondisi air baku pada intek Nipa – Nipa dicemari oleh cairan berupa oli.

“Kondisi air bakunya tercemari tumpahan oli sehingga IPA 3 Antang untuk sementara tidak dioperasikan sampai kondisi air dinyatakan layak untuk diproduksi untuk menjadi air bersih,” kata Beni Iskandar, Sabtu (09/04/2022) dini hari.

Menurut Beni Iskandar untuk tumpahan oli tersebut, belum bisa menyampaikan apa penyebab terjadinya tumpahan oli di saluran Intek Nipa – Nipa.

“Kita belum tahu apa penyebab terjadinya tumpahan oli di saluran intek Nipa – Nipa, namun petugas Intek Nipa – nipa terus melakukan pemantaun kondisi air intek Nipa – nipa,” kata Beni Iskandar.

Namun ada dugaan ada indikasi adanya tumpahan oli di saluran air baku tersebut diduga ada faktor kesengajaan yang dilakukan oleh oknum. Kejadian tercemarnya oli atas air baku intek Nipa – Nipa ada kali pertama terjadi. (Red/As)

0 Comments